Pjs Walikota Blitar Resmikan Kampung KB, Targetkan Satu Kampung KB Tiap Kelurahan

Blitar, Nasional193 Dilihat
Pjs Walikota Blitar Resmikan Kampung KB, Targetkan Satu Kampung KB Tiap Kelurahan

Kota Blitar, (Metropolis.co.id) – Secara simbolis, Pjs Walikota Blitar, Dr. Ir. Jumadi, M.MT resmikan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) “BERSERI”, di lingkungan Kepatihan, kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Selasa (24/11/2020). Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Pjs Walikota Blitar.

Turut hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Blitar, Sulistiyani, dan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Pjs Walikota Blitar, Jumadi, mengatakan, untuk kedepan nantinya kampung KB ditargetkan satu kecamatan ada satu kampung KB, bahkan pihaknya berharap satu kelurahan satu kampung KB. Hal tersebut dinilai penting karena untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

“Harapannya, melalui peresmian kampung KB, kampung ini akan kita replikasi, artinya menjadi kampung KB yang berbeda di kecamatan di Kota Blitar ini,” katanya.

Jumadi juga menjelaskan, jika melihat demografi di Jawa Timur yang terjadi pada tahun 2018-2019, artinya usia produktif jumlahnya sangat luar biasa. Hal itu juga terkait strategi pemerintah. Kalau hal tersebut bisa terkendali, otomatis bisa membantu pemerintah untuk lebih mengkonstruksi pembangunan.

“Artinya kita mendidik warga masyarakat untuk sehat, pintar, punya daya beli, sehingga Indeks Pembangunan Manusianya juga baik,” jelasnya.

Jumadi juga menambahkan, jika bisa dikendalikan dengan baik, termasuk 8 Aspek, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sebagainya maka juga bisa tertangani dengan baik. Menurutnya, jika angka kelahiran anak tidak bisa terkendali, nanti mau dikemanakan mereka.

“Oleh sebab itu kegiatan ini untuk mentrigger kondisi disini dan secepatnya untuk mereplikasi, karena Kota Blitar ini lahannya terbatas,“ pungkasnya.

Hms/Adv

Komentar