oleh

ODGJ Dari Sukau, Riwayatmu SUMI

Riwayatmu SUMI, ODGJ Terabai Dari Sukau

Lampung Barat, (Metropolis.co.id) – Setelah mengetahui kisah Sumiati (35), ODGJ ringan asal Pemangku 15, Talang Delapan, Pekon Tanjung Raya, Kecamatan Sukau, yang hidup terabai.

Dinsos Kabupaten Lampung Barat, bersama Tim Puskesmas setempat, kemudian berinisiatif mengunjungi Sumi guna melihat dan memberikan bantuan stimulan serta mengupayakan pasien ODGJ Ringan tersebut agar dirawat secara semestinya, Jum’at (20/11) lalu.

Kehadiran pihak terkait, disambut tawa sumringah Sumi, yang datang membawa sembako dan lainnya. Harian itu, nampak tetangga juga hadir memberikan semangat untuk Sumi, yang sudah tiga tahun terakhir hidup terpasung dan terisolasi.

Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial, Rega setempat berujar bahwa kendala Sumi adalah data administrasi kependudukan. Jadi kami juga akan mendorong aparatur Pekon untuk segera memproses data tersebut.

“Sumi tahun depan akan kami prioritaskan mendapat perawatan di Yayasan Aulia Rahma, Kemiling, Bandar Lampung. Disana, Sumi akan mendapat perawatan selama 8 bulan”, ujar Rega.

Rega melanjutkan, bila dipersetujui oleh pihak keluarga, kami juga siap mengantar Sumi ke UPT Kementerian Sosial, namanya Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Darmhaguna, Bengkulu.

“Disana, Sumi akan diajari keterampilan juga selama 6 bulan,” imbuh nya.

Dinsos setempat berharap, pihak keluarga dan aparatur pekon, dapat bersinergi mendata administrasi kependudukan Sumi, agar tahun depan, Sumi mendapat perawatan yang jauh lebih baik.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan