Banggar DPRD Kab Blitar Sampaikan Rekomendasi Raperda APBD 2021

Blitar, Nasional182 Dilihat
Banggar DPRD Kab Blitar Sampaikan Rekomendasi Raperda APBD 2021

BLITAR, (Metropolis.co.id) – Dua agenda sekaligus dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar yang digelar di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Sabtu (28/11/2020).

Dua agenda tersebut yakni Penyampaian Laporan Badan Anggaran Terhadap Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD 2021, kemudian dilanjutkan dengan Persetujuan Rancangan Peraturan Daerah.

Juru bicara Banggar DPRD Kabupaten Blitar, M. Sulistyono, selain menyampaikan laporan Banggar DPRD Kabupaten Blitar, juga menyampaikan sejumlah rekomendasi terhadap Raperda APBD 2021. Ada enam rekomendasi yang disampaikan melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Blitar tersebut.

Rekomendasi itu antara lain, pertama, orientasi pergerakan ekonomi difokuskan pada pemulihan dampak Covid-19 pada semua sektor ekonomi, maka difokuskan pada sektor unggulan dan potensial serta sektor pertanian, industri, sumber daya lokal dan pariwisata untuk mendorong revitaslisasi PAD.

Sedangkan yang kedua, menjangkau ketersediaan komoditas utama dan keterjangkauan harga di pasar serta menjaga daya beli masyarakat. Ketiga, menjaga ketersediaan bahan baku produksi sektor pertanian, industri dan kawasan sektor pariwisata.

Selanjutnya yang keempat, mempercepat proses penyerapan anggaran di OPD bagi belanja yang berdampak langsung kepada masyarakat, sehingga memberikan efek stimulasi bagi ekonomi lokal yang sedang terdampak pandemi Covid-19.

Kemudian yang kelima, pemberlakuan Permendagri nomor 70 tahun 2019, pada APBD 2021 tentunya memberikan proses transisi yang berjalan baik. Oleh sebab itu, Pemkab Blitar harus memfasilitasi OPD untuk melakukan penyesuaian termasuk untuk melakukan pergeseran untuk menyesuaikan outcome indikator jasa yang telah ditentukan termasuk pergeseran antar OPD dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan SDM.

Terakhir yang keenam, prediksi covid-19 yang belum berakhir di tahun 2021, maka kebijakan daerah difokuskan untuk penanganan dampak langsung maupun tidak langsung, serta pemulihan jangka pendek dan menengah pada tiga fokus utama yakni keselamatan, kesehatan, jaring pengaman sosial dan dampak sosial ekonomi.

Sebagai penutup, Banggar DPRD Kabupaten Blitar menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya kepada Pjs Bupati Blitar beserta jajarannya.

“Semoga Raperda APBD 2021 dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai dasar pertimbangan dan sebagai pedoman acuan untuk perbaikan untuk kedepannya nanti,” pungkasnya.

Eko/Adv

Komentar