oleh

Dua Sejoli

Tony-Antoni

Lampung Selatan, (Metropolis) – Pernah terkena ujian dan dipastikan positif terkena penularan Covid-19, akhirnya Antoni Imam bangkit dan sembuh, kemudian berjuang keras mengikuti kontestasi Pilkada Lampung Selatan Bersama pasanganya Tony Eka Candra.

Ada hal menarik dari liku perjuangan Antoni Imam ini, lakon petinju ini sempat berjuang melawan corona, Ia tak putus asa sembuh dari covid-19, mulai dengan menjaga kebersihan, 3m dan jaga jarak, teratur berolahraga, banyak kosumsi vitamin hingga sembuh dengan minyak kayu putih.

Semangat ini pula yang kemudian membawanya terus berlayar mengarungi pilkada Lampung selatan 2020. Dengan tekad kuat ia harus puas dengan peringkat perolehan suara sementara diposisi kedua setelah petahana mendulang lebih banyak suara darinya.

Meski alur perjuanganya berliku, namun Ia iklas, bahkan terus mengular semangat pada lainya.

“Malam ini di Kantor DPD Golkar. Terima kasih untuk para kader dan relawan yg telah bersama berjuang. Terima kasih kpd warga Lampung Selatan yang telah mendukung kami. Terima kasih untuk semuanya. Kita hanya bisa berencana dan ikhtiar, Allah yg menentukan. Rencana Allah yg terbaik. Aamiin,” demikian tulisnya di dinding Facebook, Rabu (09/12/2020).

Saat melihat hasil hitung cepat, dua sejoli, Tony-Antoni ini bahkan jantan dan menunjukkan jiwa besar, sekaligus menunjukan politik santun dengan lebih dulu mengucap selamat pada rivalnya yang unggul lewat hitung cepat sementara yakni Nanang-Pandu.

Boleh disebut akur dan sangat dekat, dua sejoli ini juga pernah mengingatkan kita pada saat awal pengambilan rekomendasi di gedung DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung, keduanya tiada henti saling puji, bahkan berjanji takkan saling meninggalkan bila terpilih. Memori itu teringat selalu, sebagai contoh para muda belajar politik santun.

Dalam kampanye mereka juga terus berbuat kebaikan, entah itu sekedar nasi cinta dari Antoni Imam atawa salam sapa Tony Eka Candra dibelasan bahkan puluhan titik kunjungan perharinya. Setiap orasi, setiap kampanye, mereka hampir tiada pernah meneluarkan kata menjelekan musuh untuk meraup simpati.

Memori Tony Daftar Tanpa Ditemani Sejoli

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati H. Tony Eka Candra – H. Antoni Imam (Tony-Antoni) resmi mendaftar diri sebagai peserta Pemilukada 2020 di KPU Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu (5/9/2020). Meskipun tak didampingi Antoni Imam yang harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari akibat Covid-19.

Memecah kerinduan sejolinya, Tony menguatkan diri untuk mengentaskan rangkaian pendaftaran calon saat itu, serangkaian pentas seni, Tampilan Pakaian Adat Nusantara, Reog, Bale Ganjur, Bandrong, Singa Manda, Jaranan, dan Tambur Padang selesai dilaluinya untuk membakar semangat dan energi kontestasi politik.

“Alhamdulillah, pada saat ini kita sama-sama menyaksikan, pasangan Tony-Antoni telah resmi mendaftar sebagai peserta Pemilukada di KPU Lampung Selatan, dan berkas dinyatakan lengkap. ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Selatan yang selalu senantiasa memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Pasangan Tony-Antoni, namun dalam kesempatan penuh berkah ini saya meminta kita sama-sama mendoakan untuk kesembuhan Pak Antoni imam yang sedang melaksanakan isolasi mandiri dikediamanya,” ujar Tony.

Kejadian serupa juga dijalani Antoni Imam, dimana serangan para pendukung lawan di medsos menggema tiada henti mengulik TEC yang disebut-sebut bukan putra kelahiran Lampung Selatan, namun semua dibalasnya dengan senyuman, mungkin dalam hatinya berkata ‘sentilan kalian terlalu receh, tak tau apa pasangan saya TEC puluhan tahun menjadi legislatif dan selalu terpilih menang’.

Dengan optimisme tinggi ia juga bergerak maju memacu semangat menuju TPS pada hari pencoblosan, dengan didampingi istri tercinta dan keluarga besar, Antoni Imam menunaikan hak pilihnya, dengan menggunakan APK lengkap datang ke TPS 06 desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu pagi (09/12/2020).

Wakil pasangan no urut 2 Tony Eka Candara – Antoni Imam ini mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini sangat baik dan sudah sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang telah ditetapkan.

“Panitia dalam pelaksanaanya selain melakukan pengaturan waktu dalam pencoblosan kepada pemilih, semua menerapkan protokol kesehatan yang sangat baik, mulai dari cuci tangan, pakai sarung tangan, pemberian Hand Sanitzer dan lainya sangat baik,” katanya usai pencoblosan berlangsung.

Ia juga berharap, semoga dengan penerapan pelaksanaan Pilkada yang patuh dalam penerapan Prokes ini dapat membawa kebaikan untuk semua. Selain petugas maupun masyarakat yang akan menggunakan hak pilih.

“Semoga pilkada dapat berjalan lancar, aman dan sehat, baik itu kepada warga yang menggunakan hak pilih maupun petugas di TPS nya masing masing,” harapnya.

Sembuh Covid-19 Pernah Isolasi 14 Hari

Genap 14 hari menyelesaikan isolasi mandiri sejak tanggal 04 sd 18 september 2020, pasangan calon Bupati-wakil bupati Tony – Antoni imam sampaikan kabar bahagia karena terbebas dari covid-19.

Kabar hangat itu disampaikan keduanya dihadapan puluhan wartawan saat di gedung DPD Partai Golkar Provinsi Lampung jumat malam (18/09/2020).

Secara langsung Antoni Imam menyampaikan kabar serta rasa syukur dihadapan wartawan, karena hasil swab kedua yang dilakukan Antoni Imam pada 17/9 lalu menunjukan hasil negatif.

“Alhamdulillah, hasil swab kedua saya dinyatakan negatif covid-19,” ujar Antoni Imam.

Dari riwayat perjalanan Antoni imam mengaku merasa sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan baik, tetapi penularan masih terjadi.

“Saya dan pak Tony memang sebelum swab bolak-balik ke Jakarta, namun tuhan memilih saya, banyak hikmahnya untuk saya yang sedang di uji, terlepas dari itu semua Alhamdulillah saya juga bersyukur mendengar ratusan hasil rapid yang pernah kontak semua negatif,” ucapnya.

Olahraga dan Ibadah Saat Isolasi

Selain itu, Antoni imam juga sempat menceritakan kegiatan hari-harinya menghabiskan masa isolasi dengan mengisi waktu dengan selalu beribadah.

“Selama isolasi saya mendapat hikmah yang luar biasa, bisa disebut selama isolasi saya berasa saat haji, bahwa hari-hari diisi dengan ibadah dan ibadah,” jelasnya.

Tak segan, Antoni imam juga menyebut ada resep yang dipakainya saat menjalani isolasi mandiri, ia menyebut selain vitamin dan herbal ada asupan lain yang diminumnya secara rutin.

“Saya ingat resep dari pak TEC, bahwa minyak kayu putih jangan sampai tinggal, saya coba itu setiap hari, diminum setetes bersama air hangat,” ungkapnya.

Ia juga menyebut, masa-masa isolasi menjadi produktif baginya karena bisa berolahraga, menyambung silaturahmi dan menerima resep-resep sehat dan suport dari masyarakat, teman, kolega dan saudara.

Berjiwa Ksatria

Jiwa ksatria dan legowo ditunjukkan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan nomor urut 2, H. Tony Eka Candra dan H. Antoni Imam saat menggelar pertemuan terbuka bersama seluruh Tim Pemenangan Tony-Antoni yang dipusatkan di Aula DPD Partai Golkar Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (9/12/2020).

Dalam pertemuan tersebut, pasangan yang diusung Partai Golkar, PKS, dan Demokrat tersebut menegaskan menerima hasil real qount yang mereka lakukan yakni pasangan nomor urut 1 memperoleh sebanyak 160.157 suara atau 36,13%, disusul pasangan nomor urut 2 sebanyak 146,860 atau 33,13% terakhir nomor urut 3 sebanyak 136,269 suara atau 30,74%.

Dalam paparannya, Tony Eka Candra mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras Tim dan Relawan Tony-Antoni yang telah berjuang sekuat tenaga memenangkan pasangan Tony-Antoni.

“Kita sudah bertekad, Pilkada adalah bagaimana memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, bukan untuk merebut kekuasaan guna kepentingan pribadi atau golongan. Namun kita semua sama-sama tahu bahwa Allah SWT berkehendak lain, meskipun hasil yang kita peroleh saat ini belum memberikan hasil yang memuaskan namun saya merasa bangga atas semangat juang Tim dan Relawan pemenangan yang telah berjuang sekuat tenaga untuk kemenangan Tony-Antoni dalam rangka menjadikan Kabupaten Lampung Selatan yang aman, maju, mandiri, adil makmur dan sejahtera, berkeadilan, berdaya saing dan bermartabat,” ujar Tony.

Tony juga mengajak kepada seluruh Tim Tony-Antoni untuk tetap menjaga, kekompakan, menciptakan suasana tertib, aman, dan damai, serta mengutamakan kepentingan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

“Dari gedung perjuangan ini, kita harus juga menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan H.Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa sambil menunggu keputusan final dari KPU Kabupaten Lampung Selatan,” tutup Tony.

Demikian secerca perjuangan yang pernah dilalui dua sejoli, Tony Eka Candra dan Antoni Imam, keduanya banyak mengedukasi politikus muda, bahkan ‘menelurkan’ dan mendidik kader partai yang luar biasa, sehingga patut ditiru dan dikenang hingga masa ke masa.

Ulasan cerita singkat ini sengaja dikulik oleh penulis karena banyak sekali edukasi dalam perjalanan politik keduanya, tak hanya itu, ditengah pandemi, keduanya juga menjadi iconik pejuang covid, bukan hanya tetang kegiatan sosialnya yang selalu memberikan APK gratis, memberi vitamin dan nasi cinta, tetapi sukses melewati masa transisi dan berjuang keras demi niat mulia untuk Lampung Selatan Berjaya.

Poet

Komentar

Tinggalkan Balasan