Paripurna, DPRD Kabupaten Blitar Setujui Raperda RDTR 

Blitar, Nasional149 Dilihat
Paripurna, DPRD Kabupaten Blitar Setujui Raperda RDTR

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (30/12/2020). Rapat kali ini dengan agenda Penyampaian laporan Pansus Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Sutojayan dilanjutkan dengan persetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi perda.

Dalam rapat paripurna tersebut, DPRD Kabupaten Blitar menyetujui Raperda RDTR kecamatan Sutojayan menjadi perda. Persetujuan Ranperda RDTR Sutojayan menjadi perda itu ditandai dengan Persetujuan bersama antara pimpinan DPRD dan Bupati Blitar serta dilanjutkan dengan pendapat akhir Bupati Blitar.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito mengatakan, agenda paripurna kali ini yakni penyampaian laporan pansus RDTR sekaligus pengambilan keputusan Ranperda RDTR Sutojayan menjadi Perda.

“Laporannya tadi sudah dibacakan, kemudian disetujui dalam forum paripurna dan selanjutnya akan disampaikan ke Gubernur untuk dievaluasi kembali,” kata Suwito usai paripurna.

Suwito melanjutkan, penataan kecamatan Sutojayan sebagai penyangga ibu kota Kabupaten Blitar di Kanigoro, karena disana salah satunya terdapat fasilitas dukungan tempat-tempat pelayanan publik dan kantor-kantor pemerintah di Kecamatan Sutojayan. Tempat-tenpat itu nantinya akan memanfaatkan lahan aset kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Sutojayan.

“Didalamnya termasuk rencana pemindahan puskesmas Sutojayan dan juga panjangnya termasuk dikaji tentang pasar Lodoyo. Juga tentang lapangan kelurahan Sukorejo, tempatnya juga strategis yang jauh dari Lodoyo, juga ada pemanfaatan maupun fasilitas-fasilitas dukungannya,” jelasnya.

Suwito juga menambahkan, mengingat Kanigoro terbatas asetnya, sehingga memang dibutuhkan tambahan lokasi yakni di kecamatan Sutojayan.

“RDTR ini menjadi dasar untuk pengembangan Kota Kanigoro yang ada di kecamatan Sutojayan sebagai bentuk dukungan pusat pemerintahan, ekonomi dan pusat pelayanan masyarakat,” imbuhnya.

Di lain pihak, Bupati Blitar, Rijanto, menyampaikan rasa terima kasih kepada anggota dan pimpinan DPRD Kabupaten Blitar yang selama ini telah bersinergi dengan pihak eksekutif.

“Saya berharap, kekompakan dan kebersamaan untuk membangun Kabupaten Blitar selama ini tetap dilanjutkan untuk kepemimpinan Kabupaten Blitar yang baru.” ungkapnya.( eko )

Komentar