Musrenbang Pemkot Blitar, Undang Kaum Disabilitas Untuk Sempurnakan RPJMD

Blitar, Nasional143 Dilihat
Musrenbang Pemkot Blitar, Undang Kaum Disabilitas Untuk Sempurnakan RPJMD

Kota Blitar ( Metropolis.co.id ) – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dalam penyempurnaan RPJMD, mengundang kaum Disabilitas dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang bertempat di Balai Pertemuan Koesoemo Wicitro, Kamis (18/03/2021).

Hal tersebut dilakukan Pemkot Blitar dalam rangka mewujudkan tercapainya program pembangunan secara merata dan menyentuh semua aspek kebutuhan dan semua golongan termasuk kaum Disabilitas.

Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, MPd, mengatakan, Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, supaya semakin baik, dalam pembahasannya dilakukan dengan melibatkan semua lapisan masyarakat secara utuh tanpa terkecuali.

“Hal tersebut kita lakukan, guna memperoleh masukan atau usulan program yang sesuai dengan tingkat kepentinganya, seperti usulan dari masyarakat yang berkebutuhan khusus,” kata Santoso.

Menurut Santoso, dengan masukan dari semua lapisan masyarakat, tentunya akan semakin lebih baik bagi kemajuan Kota Blitar. Hal itu bertujuan agar tidak ada yang terlewatkan untuk menuju masyarakat kota Blitar Unggul dan bermartabat dalam keberagaman, Religius dan tetap Nasionalis.

“Kaum Disabilitas sengaja dihadirkan secara khusus, karena mereka merupakan bagian dari masyarakat yang tak boleh diabaikan untuk penyempurnaan RPJMD Kota Blitar, yang secara khusus bagi warga masyarakat berkebutuhan khusus,” ujar Santoso.

Lebih lanjut, Santoso menambahkan, dari perjalanan Musrenbang beberapa kali, pihaknya meminta masukan dan usulan dari mereka sebagai masyarakat yang memiliki hak dan kewajiban yang sama. Oleh sebab itu pihaknya mengundang warga disabilitas secara khusus.

“Usulan mereka nantinya akan dimasukan ke dalam anggaran kegiatan Pemerintah Kota Blitar, dan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pembangunan, diharapkan Kota Blitar akan semakin makmur dan sejahtera,” imbuhnya.

Adv/Hms

Komentar