Wagub Jatim dan Bupati Blitar Hadiri Pelantikan PBI Kabupaten Blitar Baru

Blitar, Nasional175 Dilihat
Wagub Jatim dab Bupati Blitar Hadiri Pelantikan PBI Kabupaten Blitar Baru

Blitar, (Metropolis.co.id) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, didampingi Bupati Blitar, Rini Syarifah, menghadiri acara pelantikan Perserikatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Blitar Indonesia (PBI) Kabupaten Blitar, pada Sabtu (20/03/2021).

Acara tersebut diselenggarakan di Omah Joglo, desa Mronjo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, pada Sabtu (20/03/2021). Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum PBI Muhammad Iskandar beserta anggota, Kapolres Blitar dan Kepala Dinas dari Provinsi dan Lingkup Kabupaten Blitar.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, seusai acara mengatakan, Bumdes harus dikelola secara profesionalisme Sumber Daya Manusianya dan harus didukung oleh pemerintah desa. Hal itu dikarenakan banyak sekali aset-aset desa yang dikelola dan dipercayakan kepada Bumdes dan harapannya dikelola dengan profesional.

“Tentunya pemerintah mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat akan terus mendukung untuk tumbuh dan berkembangnya BUMDES, namun tentunya juga harus didukung juga oleh pemerintah desa,” kata Emil.

Emil juga menjelaskan, dalam hal ini pemerintah harus hadir karena ini menjadi perioritas bersama. Hal itu dikarenakan fungsi pemerintah adalah sebagai pengungkit dari spirit masyarakat yaitu kebersamaan dan gotong royong dalam wujud BUMDES. Menurutnya Bumdes adalah suatu hal yang mengedepankan semangat dan kegotong-royongan masyarakat, untuk menunjang penguatan pemberdayaan ekonomi lokal dan pedesaan.

“Di Jawa Timur ini ada 537 BUMDES dari 6100 BUMDES di Jawa Timur yang kategorinya maju. Hal ini baik untuk bisa bekerjasama dengan pihak swasta dalam tumbuh dan berkembangnya ekonomi lokal kedepannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Emil menambahkan, BUMDES memang harus punya posisioning yang strategis dalam mengembangkan sebuah kerjasama, terutama untuk hal membangun kepercayaan dari pihak swasta.

“Untuk itu dukungan dari pemerintah sangat diperlukan. Semoga dengan demikian ini, Bumdes bisa berkembang menjadi yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Di lain pihak, Bupati Blitar, Rini Syarifah, yang juga turut hadir dalam acara tersebut, mengucapakan selamat kepada pengurus PBI Kabupaten Blitar yang baru dilantik, serta memberikan semangat bagi pengurus PBI yang baru.

“Semoga dengan ini ekonomi desa dan juga ekonomi masyarakat bisa bangkit kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBI, Mohamad Iskandar, saat ditemui awak media, mengucapkan terimakasih banyak atas apresiasi luar biasa yang diberikan oleh pemerintah dengan hadirnya Wakil Gubernur Jawa Timur bersama Bupati Blitar dan Kapolres Blitar serta para Dinas pada pelantikan PBI ini.

“Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas kehadiran dari semuanya tadi. Itu adalah bentuk sinergi dan spirit bagi teman-teman PBI untuk memajukan beberapa usaha yang ada di Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Iskandar mengungkapkan, pada pelantikan ini, PBI di Blitar bekerjasama dengan berbagai Akademis yang ada di Blitar, antara lain UNU dan Unisba, juga ada praktisi yaitu Rudi Puryono, seorang Advokad untuk mendampingi kinerja dari teman-teman PBI yang ada di Blitar.

“Sehingga kinerja dari teman-teman PBI yang ada di Blitar ini nanti akan terarah sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” ungkapnya.

Terakhir, Iskandar berharap, untuk kedepannya, PBI bekerjasama dengan IGB dan Crosbor akan mengadakan beberapa Event di kecamatan Srengat, tanggal 4 bulan depan nanti sebagai bentuk action. Saat ini, PBI sudah ada kinerja terkait pengolahan pupuk organik, dan sudah bekerjasama dengan IGB yang mempunyai jumlah peternak sekitar 200 peternak untuk pengolahan susu.

“Dengan keberadaan PBI Blitar ini, segala usaha dibidang ekonomi dan pemberdayaan, akan menjadi lebih maju lagi,” pungkasnya.

Eko

Komentar