Walikota Blitar Optimis Entaskan Pembangunan Prioritas 2022

Blitar, Saburai260 Dilihat
Walikota Blitar Optimis Musrenbang Hasilkan Program Pembangunan Kota Blitar Skala Prioritas 2022

BLITAR, (Metropolis.co.id ) – Untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Blitar tahun 2022, Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Senin (22/03/2021), bertempat di Balai Kota Koesoemo Wicitra Kota Blitar.

Walikota Blitar Santoso, pada acara tersebut, dalam sambutannya, mengatakan, seiring dengan komitmen untuk memberikan prioritas kepada masyarakat, maka proses pembangunan daerah sangat perlu selalu mendengarkan aspirasi seluruh masyarakat. Kegiatan ini dinilai mempunyai peran strategis untuk memastikan bahwa seluruh program pembangunan yang ada di Kota Blitar tetap berjalan dengan baik.

“Meskipun dibatasi dengan pandemi Covid-19, dokumen perencanaan yang hari ini kita bahas, tentu tetap melalui perencanaan partisipatif yang berjenjang. Artinya masyarakat dilibatkan dalam proses pembangunan,” ujar Santoso.

Santoso menjelaskan, pembangunan di setting dari, oleh dan untuk masyarakat. Menurutnya, semangat untuk mensukseskan Visi Blitar Keren, Unggul, Makmur, Bermartabat perlu diimbangi dengan pola dan mekanisme Musrenbang yang benar-benar mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Tentunya dengan tetap memperhatikan skala prioritas, kemampuan anggaran dan peraturan perundangan yang berlaku. Dan saya optimis Musrenbang kali ini, InsyaAllah dapat menghasilkan program dan kegiatan yang mencerminkan kebutuhan pembangunan di Kota Blitar yang menjadi skala prioritas pada 2022 mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Santoso menambahkan, pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter Keren, Sehat dan Berdaya Saing menjadi tema pembangunan Kota Blitar tahun 2022. Untuk penyusunan RKPD tahun 2022, seluruh OPD harus menyusun rencana kerja secara cepat, tepat dan cermat.

“Hal tersebut yang nantinya akan menjadi APBD tahun 2022. Sehingga saya berharap alokasi APBD tahun 2022 dapat lebih efektif lagi dari sebelumnya,” imbuhnya.

Hms/Adv

Komentar