Tingkatkan Ketrampilan Hidup Sehat Generasi Muda, Dinkes Bojonegoro Gelar Posyandu Remaja Dilokasi TMMD Tambakrejo

TMMD 202192 Dilihat
Tingkatkan Ketrampilan Hidup Sehat Generasi Muda, Dinkes Bojonegoro Gelar Posyandu Remaja Dilokasi TMMD Tambakrejo

BOJONEGORO – Dihadapan puluhan remaja Desa Jatimulyo, Tambakrejo, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/3/2021), melaksanakan kegiatan Posyandu Remaja dilokasi program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 110 tahun 2021.

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk para remaja.

Dikatakan Nina Erlina, selaku PJ. PTM Keswa Dinkes Bojonegoro, bahwa kegiatan yang bekerjasama dengan Kodim 0813 Bojonegoro pada program TMMD ke- 110 dalam rangka memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahaan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk peningkatan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya adalah Nina Erlina, Pj. PTM Keswa Dinkes Bojonegoro, Didik Herdiono, Pj. DBD, dari PKM Tambakrejo, dr. Yulia, drg Dewi, serta dari Polindes Tambakrejo,
Lina Widyaningsih dan Danang. Selaintu, juga Danton 2 SSK Satgas TMMD, Lettu Laut Prasetyo Permadi, dan Kades Jatimulyo, Koso, SH.

Pj. PTM Keswa Dinkes Bojonegoro, Nina Erlina, mengatakan, Posyandu Remaja memiliki tujuan untuk meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Posyandu Remaja. Selain itu, guna meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, serta meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA.

“Yang lebih penting adalah Posyandu remaja juga untuk mempercepat upaya perbaikan gizi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan deteksi dini dan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), dan meningkatkan kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan,” jelasnya.

Menurutnya, sasaran dari kegiatan Posyandu Remaja ini adalah remaja pada usia 10-18 tahun, laki-laki dan perempuan dengan tidak memandang status pendidikan dan perkawinan termasuk remaja dengan disabilitas.

Sedangkan untuk sasaran petunjuk pelaksanaan terdiri dari petugas kesehatan, Pemerintah Desa/Kelurahan (termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, dan lainnya), pengelola program remaja, keluarga dan masyarakat, serta kader kesehatan remaja.

Komandan Peleton (Danton) 2 Satgas TMMD Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Laut Prasetyo Permadi, mengatakan bahwa kegiatan Posyandu Remaja memiliki banyak manfaat bagi remaja. Remaja akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi beberapa hal seperti kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, pencegahan penyalahgunaan NAPZA, pencegahan penyakit tidak menular dan pencegahan kekerasan pada remaja.

“Adanya kegiatan ini juga dapat dijadikan kesiapan para remaja untuk memiliki keterampilan hidup yang sehat. Serta sebagai aktualisasi diri untuk peningkatan derajat kesehatan remaja,” pungkasnya.

Kegiatan TMMD tahun ini berlangsung di dua desa diwilayah Kecamatan Tambakrejo yaitu di Desa Jatimulyo dan Desa Ngrancang selama satu bulan dari tanggal 2 Maret sampai dengan 31 Maret 2021. (Pendim 0813)

Komentar