oleh

Rektor Itera Prof Dr Ofyar Z Tamin Berpulang

Prof Dr Ofyar Z. Tamin (Foto : Net/ist)

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Kabar duka datang dari Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof Dr Ofyar Z. Tamin yang dikabarkan meninggal dunia di RSCM Jakarta.

Dari beberapa saudara dan kerabat menyebut Prof Dr Ofyar Z. Tamin meninggal sekira pukul 06.55 Wib di ruang Kencana Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiuun, telah berpulang ke Rahmatullah sahabat saya Prof Dr Ofyar Z. Tamin akibat penyakit komplikasi pernafasan dll,” ujar Ginta Wirya Senjaya, Rabu pagi, (09/06/2021).

Ginta menyebut Almarhum merupakan orang baik yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, bakti itu terlihat sejak mulai dari dosen hingga menjadi Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung.

Bagi ginta sosok Ofyar adalah orang yang humanis, ramah dan senang berbagi ilmu dalam tiap kesempatan, ia juga terkenal aktif memberikan saran solusi permasalahan pemerintahan diberbagai pertemuan dan forum diskusi.

“Almarhum putra Minang asal Balingka yang lahir di Medan 63 tahun lalu, sudah banyak membantu Dosen dan Mahasiswa asal Sumatera Barat di Lampung,” kata Ginta.

Selain menyampaikan kabar duka, pakar ekonomi ini juga meminta doa kepada para teman, saudara, kolega dan sahabat untuk memberikan maaf dan memberi doa terbaik untuk Almarhum.

“Dimohonkan doa dan permohonan maaf dari para sahabat semoga almarhum meninggalkan kita dalam keadaan husnul khotimah.. Aamiin,” demikian tulis Ginta.

Diketahui, Prof. Ofyar menamatkan pendidikan Sarjana di ITB pada tahun 1982. Kemudian menempuh Program Diploma Bidang Rekayasa Jalan Raya ITB dan lulus pada tahun 1984 dengan predikat cumlaude dan mendapat penghargaan dari Kementrian PU atasnya.

Setelah menyelesaikan program Master (1984-1985) dan Doktor (1985-1988) pada bidang Transport Planning and Modelling, Imperial College-University College London, University of London, London.

Prof. Ofyar kembali ke Indonesia dan menjadi dosen Program Studi Teknik Sipil ITB.

Dalam rangka pengabdiannya kepada bangsa dan negara, berbagai jurnal dan makalah ilmiah telah Beliau publikasikan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam publikasi tersebut, Beliau memberikan ide dan pemikirannya berkaitan dengan transportasi dan infrastruktur untuk kemajuan bangsa.

Selain berkontribusi sebagai akademisi, kiprah profesional Prof. Ofyar pun sudah tidak diragukan. Proyek yang cukup signifikan yang baru saja dikerjakannya adalah Proyek Pengembangan Kereta Api dari Bandara Soekarno Hatta sampai Jakarta.

Dalam projek ini Beliau terlibat sebagai team leader.

Red

Komentar

News Feed