oleh

DPRD Metro Gelar Paripurna Istimewa HUT Kota Metro ke-84

DPRD Metro Gelar Paripurna Istimewa HUT Kota Metro ke-84

Kota Metro, (Metropolis.co.id) – DPRD Kota Metro bersama pihak eksekutif dan segenap forkopimda dan jajaran pemerintah setempat, gelar sidang paripurna istimewa peringatan HUT Kota Metro ke – 84. Sidang Paripurna berlangsung di gedung DPRD setempat dipimpin Ketua DPRD Tondi M G Nasution. Rabu, 09 Juni 2021.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Metro, Wahdi di dampingi Wakil Qomaru Zaman menyampaikan, selama 84 tahun Kota Metro telah menunjukkan jati diri sebagai Kota yang aman, kondusif dan nyaman di tengah-tengah kemajemukan masyarakat.

“Selama ini Kota Metro ambil bagian untuk mewujudkan Indonesia Mandiri, Maju, Adil dan Makmur. Kota Metro juga telah menunjukan sebagai Kota yang layak diperhitungkan di tingkat Nasional atas prestasi-prestasi yang telah diraih oleh anak bangsa,” katanya.

Di jelaskan Wali Kota Wahdi, Kota Metro memiliki luas wilayah yang relatif kecil dan sumber daya alam terbatas, mampu untuk menghidupkan perekonomian lokal masyarakat. Dalam kesederhanaan masyarakat, juga mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu dan teknologi, namun tetap mempedomani nilai-nilai luhur budaya dan agama.

Sehingga pandemi Covid-19 saat ini, masih diberikan kesempatan untuk berkarya dan mengabdi kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Patut mengapresiasi atas kerja sama seluruh stakeholder yang telah mewujudkan Kota Metro menjadi lebih baik. Melalui perspektif pembangunan Kota Metro telah terkategori sebagai kota yang terbilang berhasil. Dari tingkat kemiskinan yang menurun, dari angka 8,68 di tahun 2019 menjadi 8,47 di tahun 2020.

“Indeks Pembangunan Manusia yang terus meningkat, dimana IPM tahun 2019 berada di angka 76,77 dan pada tahun 2020 menjadi 77,19. Dan dari kedua indikator ini berhasil dicapai di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya.

Wahdi juha menjelaskan, tingkat laju pertumbuhan ekonomi, di tahun 2020 berada di angka -1,79 dan masih di atas nasional yang berada di angka -2,07. Sama dengan penurunan laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka juga dalam kondisi menurun, dari tahun 2019 yang berada di angka 5,11 dan pada tahun 2020 berada di angka 5,40.

Tentunya hal ini menjadi pekerjaan rumah kita semua dan saya yakin, jika kita taat dengan protokol kesehatan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, maka produktivitas akan tetap terjaga dan bahkan bisa meningkat.

Khususnya pada bidang kebudayaan, saat ini Kota Metro menjadi yang pertama di Provinsi Lampung yang telah memiliki Tim Ahli Cagar Budaya dan telah menetapkan status Cagar Budaya, yaitu Rumah Dokter dan Klinik Santa Maria.

“Saya dengan Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman telah genap 103 hari kerja, dan janji 100 hari kerja telah kami realisasikan. Rencana pembangunan 5 tahun kedepan sedang kami kerjakan. Dan pelaksanaan kerja pembangunan di tahun 2021 ini juga sedang kami dalami dan kami upayakan untuk mencapai hasil yang optimal,” ungkapnya.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan