Pendaki Hilang di Gunung Tanggamus Akhirnya Ditemukan

Nasional, Tanggamus382 Dilihat
Pendaki Hilang di Gunung Tanggamus Akhirnya Ditemukan

Tanggamus, (Metropolis.co.id) – Pendaki Gunung Tanggamus Yang dilaporkan Hilang Berhasil Ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat pada Kamis (01/07).

Kejadian berawal dr Rabu (30/06) sore pukul 15.00 WIB. Korban bersama rombongan berjumlah 5 orang mendaki Gn. Tanggamus, di tengah perjalanan korban kelelahan memutuskan untuk berhenti dan 4 orang lainnya melanjutkan perjalanan ke puncak.

Setelah rombongan kembali, korban tidak ditemui di lokasi terakhir, selanjutnya rombongan mencoba mencari di posko awal pendakian namun korban tidak diketemukan, info dari pengelola rombongan tidak mendaki melalui jalur resmi dikarenakan pendakian Gn. Tanggamus masih ditutup.

Identitas korban adalah Tasya Putri Damayanti (16) jenis kelamin perempuan dan merupakan warga Bandar Lampung. Kemudian pukul 23.30 WIB Bp. Caul (warga setempat) melaporkan hal tsb ke Basarnas Lampung.

Basarnas Lampung lgs mengerahkan personil yg berada di Pos SAR Tanggamus utk segera ke lokasi utk melaksanakan operasi SAR.

Kamis (01/07) pukul 00.35 WIB tim tiba di Posko Gisting Pendakian Gunung Tanggamus utk berkoordinasi dg unsur yg sudah berada di lokasi. Selanjutnya tim SAR gabungan melakukan penyisiran sesuai jalur pendakian sampai dengan campground 2.

Di Posko tim jga berkoordinasi dg rombongan yg selamat perihal kondisi korban, dan rombongan menemukan baju flanel yg digunakan korban saat di pos 3. Pukul 03.30 WIB tim SAR Gabungan tiba di Campground 2 dan pencarian masih nihil.

Pukul 06.30 WIB Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing Pencarian, Tim dibagi menjadi 3 Regu dengan pola pencarian tracking mode sejauh ±3 KM ke arah Puncak Gn. Tanggamus dimulai dari Pos Sonokeling 2 sesuai dengan RenOps H.2.

Pukul 06.39 WIB Terima info dari Dantim bahwa korban telah ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR Gabungan, Titik Koordinat penemuan 5°25’20.0496″ S-104°41’46.662″ E, Jarak 1.75 Km radial 88.84° arah Timur dari LKP. Selanjutnya korban dievakuasi ke posko utama.

Red/Basarnas

Komentar