Lampung Optimis Lawan Covid-19 Dengan PPKM Mikro

Nasional164 Dilihat
Lampung Optimis Lawan Covid-19 Dengan PPKM Mikro

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Gubernur Arinal Djunaidi mengikuti Rapat Koordinasi secara daring bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Kepala BNPB, terkait antisipasi lonjakan Covid-19 di luar Pulau Jawa, bertempat di Mahan Agung, Rabu (07/07).

Gubernur Arinal di dalam rapat mengungkapkan, salah satu hal yang menjadi kendala terkait pengetatan PPKM karena letak Provinsi Lampung sebagai pintu masuk dari Pulau Jawa menuju Sumatera dan sebaliknya.

Lampung memiliki 4 pintu masuk yang membuat Pemerintah harus bekerja lebih keras, walaupun selama ini normatif bisa dilaksanakan. Keempat pintu masuk yaitu Bakauheni dari dan menuju Pulau Jawa, Mesuji dari Sumsel, Way Kanan dari Baturaja dan Martapura Sumsel, dan Pesisir Barat dari Bengkulu.

“Saya berharap agar Pemerintah Pusat turut membantu pengamanan dan pengetatan di pintu masuk, terutama Bakauheni karena sangat menentukan,” harap Gubernur Arinal.

Di dalam rapat, Gubernur juga memaparkan upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi dalam masa pengetatan PPKM.

Upaya-upaya tersebut diantaranya, – Meningkatkan kapasitas respon/kesiapan daerah dengan meningkatkan kapasitas pemeriksaan/testing.

– Penambahan tempat/rumah sakit di suatu wilayah dan menyiapkan rumah sakit darurat. Saat ini telah disiapkan rumah sakit darurat di Wisma Haji dengan kapsitas 250 tempat tidur

– Meningkatkan kapasitas pencarian kontak erat hinggga mencapai rasio 1:15 sampai dengan 1:30. Kasus positif wajib dicari 15-30 kontak eratnya

– Meningkatkan sarana prasarana testing rapid antigen

– Menyiapkan mini oksigen di puskesmas rawat inap

Gubernur melaporkan, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan telah melaksanakan Vaksinasi Massal. Langkah serupa juga telah dilakukan oleh Danrem 043/Gatam dan Kapolda Lampung.

 

Sementara itu, Kepala BNPB Ganip Warsito meminta Bupati/Walikota agar menjalankan PPKM Mikro secara ketat dan disiplin. Ganip Warsito juga meminta agar Pemerintah Daerah mempersiapkan infrastruktur dalam pelaksanaan ppkm tersebut.

 

Terkait pencegahan penyebaran Covid-19, Ganip Warsito meminta agar posko-posko di daerah bekerjasama dengan Forkopimda meningkatkan testing dan tracing.

Gubernur Paparkan Kesiapan Pada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendy

 Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, didampingi Wakapolda Lampung, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, serta pejabat terkait lainnya, menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendy, di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek, Kamis (08/07).

Salah satu materi kunjungan kerja Menko PMK yaitu terkait dengan kerjasama berbagai pihak dalam penyediaan oksigen medis dan untuk mengecek pelaksanaan penanganan Covid-19.

Muhadjir Effendy meminta Gubernur Lampung untuk mencari solusi terkait ketersediaan oksigen yang belakangan ini mulai mengalami kelangkaan.

“Jangan sampai kebutuhan oksigen baik untuk rumah sakit maupun masyarakat yang sekarang sedang melaksanakan isolasi mandiri tidak terpenuhi, karena oksigen ini adalah kebutuhan vital, terutama bagi mereka yang sedang terpapar Covid,” ujar Muhadjir.

Selain itu, Menko PMK juga menyatakan kerjasama antar Pemerintah Daerah dan Forkopimda di Pulau Sumatera sudah cukup baik, khususnya kerjasama dan dukungan jajaran TNI-POLRI dalam melaksanakan langkah-langkah pengendalian Covid-19.

Terkait ketersediaan oksigen, Gubernur Arinal dalam kesempatannya menyatakan telah melakukan inisiasi dengan mengajak perusahaan negara yang berpotensi mendukung ketersediaan oksigen medis.

Selain itu, Gubernur Arinal juga telah memerintahkan Kadis Kesehatan untuk mendata kebutuhan oksigen di rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung.

“Saya minta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk menginventarisir berapa kebutuhan semua rumah sakit, baik yang rujukan maupun tidak,” ujar Gubernur Arinal.

TP PKK LAMPUNG Lampung Juga Turut Perkuat Gerakan Baksos dan Edukasi Prokes

Kegiatan SIGER “(S)aatnya (I)kut ber(GE)rak untuk (R)akyat yang membutuhkan” yang merupakan gerakan yang diinisiasi oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal terus bergulir dan menjadi gerakan seluruh  masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal bersama dengan Sekretaris, Ny. Fitrianita Damhuri, Ketua Pokja 1, Ny. Siti Fatimah Fredy dan Anggota Pokja 1, Ny. Salmah Badrul, melaksanakan bakti sosial dalam bentuk membagikan 100 paket “SIGER” dan 300 masker kain di dua titik yaitu di Jl. Durian, Kelurahan Durian Payung dan Jl. Bintara II, Kelurahan Sukarame Kota Bandar Lampung. Jumat, (9/8/2021)

Ibu Riana memberikan bahan masakan dan masker tersebut secara door to door kepada masyarakat, mengingat saat ini sedang dilaksanakannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Kota Bandar Lampung.

Ketua TP PKK Lampung, Ibu Riana Sari Arinal, selain melaksanakan baksos juga menyampaikan edukasi terkait disiplin penerapan prokes kepada warga masyarakat.

“Pesan saya kepada keluarga di seluruh Provinsi Lampung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M (Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Memakai Masker) dan saat ini  memakai masker doubel, semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas secara normal” ujar Ibu Riana Sari.

Ibu Riana Sari Arinal berharap kegiatan semacam ini dapat menginspirasi berbagai komponen masyarakat untuk tetap mengedepankan solidaritas sosial antar sesama warga masyarakat, dalam bentuk kesukarelaan untuk saling membantu ditengah situasi pandemi ini.

Disperindag, Dinkes dan Polda Lampung Monitoring Ketersediaan Oksigen Medis

Bandar Lampung, —  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung,  Elvira Umihanni didampingi Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri,  M.Zimmi Skil, Kepala Bidang Kerjasama Pengawasan dan Pembangunan Sumber Daya Industri,  Siti Fatimah, Kabid Pelayanan Kesehatan,  Yulianto, SKM, M.Kes, serta  PANIT 1 Unit 2 Subdit  1 INDAGSI Ditreskrimsus Polda Lampung, Ipda. Sutomo S.Kep.,M.M,  melakukan kunjungan ke PT Sungai Budi (CV. Bumi Waras) dalam rangka monitoring ketersediaan Stok Oksigen untuk pemenuhan kebutuhan medis di Provinsi Lampung, Jum’at (09/07/2021).

Kedatangan rombongan  di CV Bumi Waras  diterima  oleh Kepala Divisi oksigen,  Benny HW dan manager pemasaran, Idris, selanjutnya rombongan  langsung melakukan peninjauan pada  salah satu agen penyalur divisi oksigen Bumi Waras.

#PrayFromHome

Gubernur Lampung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Ir. Fahrizal Darminto, MA., bersama Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay mengikuti kegiatan #PrayFromHome yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI secara virtual, bertempat di Ruang Command Center Diskominfotik Provinsi Lampung. Minggu, (11/08). Pada kesempatan itu, Sekdaprov didampingi Didampingi Kadis Sosial, Aswarodi dan Kadis Kominfotik, Ganjar Jationo.

Presiden RI, Ir. Joko Widodo menyampaikan sambutan pada kegiatan ini. Presiden RI mengaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai doa bersama umat beragama di Indonesia untuk memohon perkenan Tuhan Yang Maha Esa mengangkat wabah Covid-19 dari kehidupan bangsa Indonesia dan umat Manusia.

Pada kegiatan tersebut Perwakilan Tokoh Agama di Indonesia menyampaikan doa menurut keyakinan masing-masing, kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa mengangkat wabah Covid-19 ini dan bangsa Indonesia serta umat manusia dikurniakan kekuatan dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Red

Komentar