oleh

Segudang Tugas Babinsa di Masa Pandemi

Segudang Tugas Babinsa di Masa Pandemi

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Kodim 0410/KBL rutin melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah binaan. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan rutinitas Komunikasi Sosial (Komsos) di pergencar Babinsa guna mensosialisasikan dan mengedukasi warga terkait pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Dalam laporan kegiatanya Babinsa Koramil 410-03/TBU Serma Ari Setiawan mengatakan, ia bersama warga binaannya, di Jalan Ir Juanda, Sumur Batu, Bandar Lampung, benar-benar membutuhkan peran serta seluruh warga masyarakat untuk menghentikan Pandemi Covid -19.

“Yaitu dengan kesadaran mematuhi anjuran pemerintah dalam menerapkan Protokol kesehatan sebagai bagian yang tidak bisa di abaikan pada setiap aktifitas sehari-hari,” katanya Sabtu, (6/11/2021).

Sebagai Babinsa, Serma Ari Setiawan terus berupaya sebaik mungkin mengajak warga di wilayah untuk menerapkannya, dengan tak henti-hentinya mengingatkan dan memberikan edukasi penerapan Protokol kesehatan yang baik dan benar.

“Ini merupakan masa yang sulit dalam tugas sebagai aparat teritorial. Selain tugas sehari-hari sebagai Babinsa, kini dengan adanya pandemi, tugas himbauan, sosialisasi dan edukasi kepada warga tentang patuh protokol kesehatan juga menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayah,” jelasnya.

Ari Setiawan mengatakan, meski tugas dan tanggung jawab di wilayah bertambah, namun bukan masalah bagi Babinsa.

“Karena semua demi kebaikan dan keselamatan kesehatan warga masyarakat dan sebagai upaya dalam mencegah dan memutus penularan virus Covid-19 dan penyebarannya,” kata dia.

Menurutnya, Disiplin kepada warga untuk melaksanakan gerakan 5 M merupakan tantangan tersendiri bagi para Babinsa, guna meningkatkan kewaspadaan warga terhadap Covid -19.

“Untuk itu kami Babinsa harus senantiasa menjalin kerjasama yang semakin erat dengan berbagai lapisan masyarakat di wilayah. Selain aktif di masyarakat, Babinsa juga harus aktif menjalin koordinasi dan silaturahmi dengan perangkat Kelurahan dan Bhabinkamtibmas guna mencegah meluasnya penyebaran virus Covid-19, terutama di wilayah binaan,” pungkasnya.

Diketahui, Dalam upaya percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Anggota Kodim 0410/KBL bersama Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung terus melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan 5M.

Dalam himbauanannya, para petugas menyampaikan penerapan prokes dengan 5M diantaranya Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.

Pihaknya berharap, dengan adanya sosialisasi dan edukasi yang sering dilakukannya bersama Satgas Covid-19 dapat meningkatkan tingkat kepedulian warga dalam mencegah Covid-19 dengan penerapan prokes.

Tak Mudah memang menjadi babinsa, namun bagaimanapun juga sebagai alat negara mereka harus selalu siapa, kapanpun, dimanapun untuk masyarakat.

Putra

Komentar

Tinggalkan Balasan