Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bersama BRI Blitar Gelar Sosialisasi Digital BUMDes

Blitar117 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi desa seluruh nusantara, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bersama BRI Blitar menggelar sosialisasi digital BUMDes Kabupaten Blitar di Kampung Coklat, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Kamis (11/11/2021).

Acara yang diikuti ratusan peserta tersebut, dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Blitar, Drs.Rully Wahyu, Kepala APD Kabupaten Blitar, Tri Haryono, Crew BRI Blitar, Kepala Desa dan perwakilan anggota BUMDes se-Kabupaten Blitar, serta tokoh masyarakat. Sosialisasi tersebut juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Blitar, Drs.Rully Wahyu, mengatakan, saat ini terdapat sekitar 70 BUMDes yang aktif, yang tersebar di desa se-Kabupaten Blitar. Seluruh BUMDes tersebut akan segera didigitalisasi berbasis ekonomi untuk menjadi bagian dari proses percepatan pemulihan ekonomi.

“Percepatan pemulihan ekonomi bisa dilakukan apabila BUMDes ini masuk pada landscape dan ekosistem digitalisasi secara masif,” katanya.

Rully menjelaskan era digitalisasi merupakan tantangan yang harus dihadapi BUMDes sebagai penggerak ekonomi skala desa. Digitalisasi harus mewarnai setiap tahapan perekonomian di desa, mulai penyiapan input, produksi hingga pemasaran.

“Strategi BUMDes untuk menjawab tantangan tersebut yaitu harus memanfaatkan platform digital dan sosial media untuk memasarkan hasil produknya,” jelasnya.

Rully menambahkan, selain itu, BUMDes juga harus bekerja sama dengan e-commerce untuk memperluas akses pasar dan mendapatkan fasilitas pelatihan, terlebih lagi hari ini didukung kerjasama dengan BRI Blitar. Menurutnya, SDM penggunaan teknologi modern harus benar- benar diterapkan oleh BUMDes agar mampu menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif.

“Proses produksi yang melibatkan teknologi atau mesin untuk mempermudah dan mempunyai nilai tambah untuk meningkatkan mutu dan kualitas BUMDes”, imbuh Rully Wahyu.(

Eko/Adv

Komentar