Rektor IAIN Batu Sangkar Lantik 21 Pengurus Lembaga Kemahasiswaan

Batu Sangkar, (Metropolis.co.id) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar laksanakan pelantikan akbar yang pertama sepanjang sejarah lemabaga kemahasiswaan di kampus yang berjulakan kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau.

Pelantikan akbar tersebut dilakukan diauditorium kampus II IAIN Batusangkar kapasitas 6000 tempat duduk, dengan menghadirkan semua pengurus dari 21 Lembaga Kemahasiswaan yang dilantikan langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc.

Pelantikan akbar ini dengan mengusung tema “Rekontruksi Nilai-nilai Kepemimpinan untuk Mewujudkan Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar yang Progresif dan Revolusiner”

21 Lembaga Kemahasiswaan yang dilantik yakni, Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Exsekutif Mahasiswa (DEMA) Tingkat Institut dan empat tingkat Fakultas sementara itu 10 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Seni Tilawah Al-Quran, PIK-M, Olahraga, BKM, Seni, Kaligrafi, RKT, KSEI At-Tahiyaah, Idealita, Kapma dan satu Unit Kegiatan Khusus (UKK) Formasi Periode 2022.

Selaku Rektor dan segenap civitas mengucapkan selamat mendapatkan amanah sebagai ketua DEMA/SEMA institute dan Fakultas serta ketua UKM/UKK beserta jajaran, tentu ini menjadi sejarah tersediri bagi saudara dalam berkolaborasi memajukan IAIN Batusangkar.

Tahun ini menjadi tahun kedua bagi saya sebagai Rektor IAIN Batusangka melantik pengurus saudara dalam suasana kondisi negara yang masih dideclare Pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung 2 tahun, mari kita doakan semoga bangsa kita bisa keluar dari krisis ini, ucap marjoni.

Lebih lanjut marjoni mengakatan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk usia produktif terbesar di ASIA yang mencapai 191 juta (70,72 persen) dengan SDM yang berkualitas berperan penting dalam perekonomian, politik, pendidikan dan peningkatan kesejahteraan bangsa, separoh SDM tersebut ada pada generasi penerus bangsa yang disini termasuk anda di dalamnya sebagai Agent of change menjadi pusat kemajuan bangsa yang cerdas, bermutu, berkarakter dan baerdaya saing.

“Diminta pengurus Lembaga Kemahasiswaan yang dilantik hari ini bagaimana strategi saudara menghadapi tantangan di era revolusi industry 4.0 ini, setidaknya mampu pengembangan skil sehingga membuat anda hebat, mampu merawat karakter dengan mengemungkakan mahasiswa yang reigius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, dan tanggung jawab.”

Pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar segabai patner dalam memajukan dunia pendidikan dan bersenergi dalam mewujudkan visi, misi tanah datar, juga mengajak mahasiswa aktif dalam organisasi sehingga menjadi wadah untuk melatih jiwa kepemimpinan yang kreatif, sehinga mampu aktif ditengah-tengan masyarakat dan juga mengajak mampu menjauhi narkoba dan maksiat lainnya, ucap staf ahli bupati Tanah Datar.

Sementara itu sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan, Menjadi aktivis mahasiswa itu sebuah kemewahan, karena bisa mengeksplorasikan gagasan, berfikir kritis, mendapatkan relasi yang banyak, dan lebih dewasa membekali diri menghadapi masa depan.

Setiap lembaga kemahasiswaa harus berkegiatan berbasis akreditas, tingkatkan kreativitas, bakat dan minat sehingga mampu mengalang prestasi nasional maupun internsiaonal. Perkuat karakter, Berkolaborasi dengan segenap pimpinan kampus.

Semarakkan publikasi ilmliah dan enterpreunerhip, terakhir perkuatkan hubungan dengan Allah SWT, tutup Sirajul Munir.

Algifari/Red

Komentar