Buton Tengah Turut Meriahkan Pameran UMKM HPN 2022

Nasional469 Dilihat

Kendari, (Metropolis.co.id) – Pemda Buton menampilkan berbagai informasi dan grafis wilayahnya di Stand Galery Hari Pers Nasional di lapangan MtQ Kendari, Rabu (09/02/2022).

Dari beberapa tampilan galery mereka menampilkan berbagai kerajinan tangan masyarakat UMKM, adapun jenisnya berupa sarung, tas dan kerajinan craft.

Dari info geografis, penunggu stand menunjukkan eksotisme bahari Kabupaten Buton, ia menyodorkan buku ekspedisi seribu goa dan kekayaan bahari laut yang dirangkum dalam sebuah buku kecil.

“Kabupaten Buton ini ada 74 desa bang, dia juga dinaungi oleh 7 kecamatan, luas namun banyak yang tau kalau keindahanya itu didominasi pulau dan laut, ” kata Muktar.

Buton Tengah dibawah kepemimpinan Bupati Buton Tengah H. Samahuddin ketua dekranasda Jusniar kata muktar, terus menggeliatkan potensi UMKM melalui produk kecil masyarakat yang diharapkan bisa menambah penghasilan.

“Kita juga ada kerajinan sarung tenun motif tradisional, tas kerajinan tradisional ada juga Kampuruy,” ulasnya saat didampingi dua temanya yakni mustafa dan saiful.

Selain kerajinan tangan ada juga makanan olahan yang sudah dikemas semenarik mungkin, sehingga bisa dijadikan kudapan maupun oleh-oleh para wisatawan.

“Ada kacang olahan dari bahan jambu mete, coklat mete, keripik pisang,” ucapnya.

Makanan dan panorama alam di Buton Tengah ini memang sedang hits diantaranya ada pantai mutiara, danau, pantai pasir timbul, pantai wantopi.

” Menarik setelah wisata ada juga makanan khas kita yaitu, Parende, kasuami dan sebagainya, ” tutup Muktar.

Poet

Komentar