Hadirkan Dewan Pers, Pemkab Blitar Seminar Literasi Media Bagi OPD dan Perangkat Desa

Blitar155 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Seminar Literasi Media bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perangkat desa di lingkup Pemkab Blitar, Rabu (23/03/2022).

Seminar tersebut digelar di Pendopo Sasana Adhi Praja Kantor Kabupaten Blitar dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso.

Seminar yang menghadirkan narasumber dari Dewan Pers dengan mengusung tema “Sosialisasi Peraturan Dewan Pers dan Strategi Menjalin Hubungan yang Profesional dan Proporsional dengan Media”.

Acara dihadiri Perwakilan Humas Polda Jawa Timur, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers, Agus Sudibyo, Bidang Penanganan Pengaduan Masyarakat Dewan Pers Rustam Fachri M, Kepala Dinas Kominfo Pemkab Blitar Eko Susanto dan sejumlah tamu undangan.

Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa seorang wartawan harus memegang teguh pada kode etik jurnalistik (KEJ). Menurutnya, jika wartawan sudah berkompeten dan memegang KEJ, maka cita-cita bersama dalam rangka mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera segera terwujud.

“Mari kita bangun Pers yang sehat dan bertanggungjawab, agar mampu mengemban amanah dalam mewujudkan demokrasi Indonesia,” ujarnya.

Rahmat menjelaskan, sebagai pemangku kepentingan jangan anti kritik oleh Pers, harus ditanamkan bahwa Pers adalah Mitra kerja pemerintah yang menyampaikan berbagai macam informasi. Ia berharap seluruh media untuk ikut mempublikasikan seluruh program kegiatan dan potensi yang ada di Kabupaten Blitar.

“Saya juga ingin semangat maju bersama sejahtera bersama. Media tetap bersinergi dengan pemerintah, berkolaborasi dan beriringan membangun Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Di lain pihak, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers, Agus Sudibyo, menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan program yang bagus sekali, karena yang dihadapi Dewan Pers bukan hanya wartawan, akan tetapi pihak-pihak yang secara langsung berhadapan dengan wartawan.

“Nanti kita bisa berdialog, bagaimana teman-teman pemerintahan, kepala desa, camat dan OPD berhadapan dengan media secara proporsional, tidak ada yang merasa dirugikan, tidak ada yang merasa terpaksa melakukan sesuatu dan sebagainya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Agus Sudibyo juga berharap, kemitraan seperti ini akan terus berlanjut antara Dewan Pers dengan pemerintah daerah terkait dengan pembinaan Pers.

“Pers khususnya di Blitar, diharapkan bisa menjadi salah satu unsur yang mendukung proses pembangunan, pelayanan publik yang lebih baik dan bukan sebaliknya, keberadaan teman-teman Pers justru menjadi bagian dari persoalan,” harapnya.

Eko / Adv 

Komentar