Bupati Blitar Resmi Buka Rakor SPBE Yang Digelar Dinas Kominfo Kabupaten Blitar

Blitar244 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Blitar menggelar rapat koordinasi (Rakor) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Rakor yang digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN), Senin (28/03/2022) tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Rakor SPBE kali ini dihadiri sejumlah staf ahli, asisten, kepala OPD, perwakilan camat, lurah dan kepala puskesmas, serta peserta lainnya yang mengikuti secara daring. Sebagai narasumber dalam rakor tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Izul Marom, dan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember, serta sebagai perumus kebijakan dan anggota Tim Asesor SPBE, Toni Dwi Susanto.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyampaikan, SPBE bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Dengan penerapan SPBE pada Pemerintah Kabupaten Blitar diharapkan bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat maupun mengkaselerasikan potensi dimasing-masing daerah,” katanya.

Sistem elektronik dan digitalisasi, lanjut Rini Syarifah, diharapkan berperan sebagai daya pengungkit yang mendukung percepatan layanan pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakat.

“Kabupaten Blitar sudah dilakukan evaluasi oleh Kemenpan RB dengan memperoleh index SPBE 2,14 dengan kategori cukup dan pada 2019 meningkat menjadi 2,9 dengan kategori baik,” ujarnya.

Rini Syarifah juga mengungkapkan, pada tahun 2020, SPBE Pemkab Blitar tidak menjadi sampling evaluasi SPBE dari Kemenpan RB, namun dilakukan penilaian secara mandiri dengan nilai 3,7, namun pada 2021 kembali menjadi sampling penilaian evaluasi SPBE dengan index 2,76 dengan kategori baik.

“Saya berharap selesai acara ini semua peserta rapat akan mampu meningkatkan strategi untuk memaksimalkan implementasi SPBE di Kabupaten Blitar guna mewujudkan pelayanan publik yang mudah, transparan dan berkualitas. Rakor SPBE ini secara rutin kita laksanakan setiap tahun guna membangun kolaborasi SPBE secara terpadu terhadap seluruh OPD,” ungkapnya.

Eko / Adv 

Komentar