Bupati dan Forkopinda Tinjau Kesiapan Pengamanan Lebaran

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama unsur kepolisian dan forkopinda meninjau Posko Pengamanan dan Pelayanan Lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022 yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Minggu (1/5).

Adapun beberapa posko yang ditinjau diantaranya Posko Ombilin, Posko Kubu Karambia, Posko Air Terjun Lembah Anai, Posko Koto Baru dan yang terakhir Posko Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Disamping meninjau posko Bupati juga memberikan paket lebaran kepada seluruh posko, ini diberikan guna untuk mensuport para petugas yang bekerja siang dan malam melakukan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat disaat yang lain sedang merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Bupati dikesempatan itu mengatakan mengatakan bahwa dirinya bersama rombongan sejak siang berkeliling mengunjungi posko pengamanan lebaran bertujuan untuk memberikan semangat, dan motivasi kepada para petugas baik Polri, PNS juga tenaga kesehatan yang bertugas.

“Besok sudah lebaran, otomatis beberapa objek wisata pasti ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi kita perlu mengantisipasi kemacetan akibat meningkatnya jumlah kendaraan seperti di Tanjung Mutiara, Lembah Anai, Mega Mendung dan juga di kota Batusangkar itu sendiri. Kita berdiskusi dengan pihak kepolisian juga instansi terkait, bagaimana kita nantinya mengatasi kondisi ini,” ujar Eka Putra.

Selain itu, menurut Bupati kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk meninjau situasi terkini kabupaten Tanah Datar sambil menunggu laporan dari seluruh kecamatan terkait dengan kegiatan takbir keliling.

“Memang lebaran tahun ini masyarakat dilarang untuk melakukan takbir keliling, alhamdulillah sampai malam ini belum ada laporan yang mengatakan adanya takbir keliling, yang ada cuma takbiran di masjid dan itu diperbolehkan,” terang Bupati.

Terkait dengan arus mudik disampaikan Bupati, bahwa sampai saat ini berdasarkan pantauan diperoleh informasi bahwa pada libur lebaran tahun ini ada sekitar 30 ribu perantau yang mudik ke Tanah Datar.

“Informasi yang kami peroleh saat sudah ada sekitar 30 ribu perantau yang pulang kampung, jumlah ini masih akan bertambah karena ada kabar bahwa perantau dari Pekanbaru saat masih berada diperjalanan menuju Tanah Datar,” tambah Bupati.

Terakhir, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati-hati dalam berkendara, terutama kepada para pemudik.

“Kami telah menyiapkan beberapa posko, jadi kalau ada apa-apa dijalan silahkan menghubungi posko terdekat, dan petugas posko akan memberikan informasi yang dibutuhkan, baik tentang kesehatan, keamanan atau informasi lainnya yang dibutuhkan,” jelas Eka Putra.

Prokopim

Komentar