oleh

Job Fair 2022 Solusi ‘Wajib Kerja’ Lulusan SMKN 01 Kademangan

Blitar, (Metropolis.co.id) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 01 Kademangan menggelar Job Fair Tahun 2022, pada Senin (30/05/22), bertempat di aula SMKN 01 Kademangan.

Acara job fair tersebut dihadiri Kabid Penta dan PKK Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Yopie Sanusi, Kepala Sekolah SMK Negeri dan Swasta yang ada di Blitar.

Job Fair di buka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi wilayah Kabupaten dan Kota Blitar, Solihin.

Solihin mengatakan, kegiatan job fair ini patut di contoh oleh seluruh lembaga yang ada di Indonesia, karena secara otomatis akan bisa mempengaruhi seluruh lulusan baik SMK maupun SMA.

“Kalau tidak tahu tempatnya, silahkan datang ke Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di masing-masing lembaga sekolah SMK yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Solihin menjelaskan, untuk peserta job fair kali ini dari Tulungagung dan Blitar Raya. Dengan adanya job fair ini kedepannya seluruh sekolah wajib mengadakan BKK, supaya lulusan dan masyarakat tahu kalau di lembaga sekolah ada informasi lowongan pekerjaan yang bisa diterima oleh seluruh dunia usaha serta industri.

“Lembaga sekolah wajib punya tim pengembang, bagaimana setelah lulus siswa harus bekerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Agar kegiatan job fair seperti ini bisa terlaksana, maka komite sekolah wajib ikut terlibat didalamnya,” jelas Solihin.

Saat disinggung terkait komite sekolah, Solihin menegaskan, dunia pendidikan jangan dikotori dengan informasi yang negatif terkait iuran, sumbangan, maupun pungutan. Sekolah kalau sudah ada komitenya, otomatis kalau kekurangan dana dari pemerintah, maka komite bisa bekerjasama dengan walimurid untuk meningkatkan program sekolah. Ia menambahkan, sebelum melaksanakan program, sekolah harus menyusun RKAS terlebih dahulu.

“Diharapkan lembaga sekolah harus bekerjasama dengan media sosial untuk memperkenalkan programnya, sehingga bisa terjalin kerjasama yang lebih baik, akan tetapi jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan di luar itu, karena itu yang tidak saya kehendaki,” tegasnya.

Eko

Komentar

Tinggalkan Balasan