Pantai Minang Rua, Suguhkan Panorama Alam Yang Memukau

Lampung Selatan197 Dilihat

Lampung Selatan, (Metropolis.co.id) – Beragam destinasi wisata pantai nan indah bisa kamu temukan di Kabupaten Lampung Selatan, pesona deburan ombak yang menghantam pasir putih seakan tidak pernah bosan memanjakan mata.

Oleh karenanya, Pantai kerap kali dijadikan sebagai lokasi berlibur bersama keluarga untuk melepas penat, ataupun sekedar menikmati waktu bersama keluarga tercinta.

Salah satu destinasi wisata pantai yang bisa kamu temukan di Lampung Selatan adalah Pantai Minang Rua, yang letaknya tak jauh dari Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni. Tepatnya, yaitu di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Pantai yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat ini, memiliki bentang garis pantai sepanjang 10 Kilometer. Tak hanya itu, keunikan juga terlihat dari hamparan pasir pantainya yang berwarna putih bersih.

Apa saja yang dapat kamu nikmati di Pantai Minang Rua?

Selain menikmati keindahan pantai, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai spot wisata alam lainnya, seperti Green Canyon, Taman Bawah Laut, Air Terjun Jamara, Air Terjun Khaja Saka, Wisata Camping (berkemah) Batu Alif dan Goa Lalay.

Bagi wisatawan yang menyukai wisata memacu adrenalin, terdapat pula wisata Spot Jumping yang bisa menjadi pilihan tepat untuk dinikmati. Para pengunjung bisa melompat ke laut dari tebing batu yang memiliki ketinggian 15 meter.

Berbagai spot wisata tersebut juga didukung dengan daya tarik utama pantai Minang Rua yaitu memiliki suasana yang masih alami yang dikelilingi hijaunya hutan.

Bukan hanya itu, di pantai ini juga terdapat penangkaran penyu sendiri loh, wah menarik kan? Pantai Minang Rua kerap kali menjadi persinggahan penyu-penyu ketika bermigrasi untuk bertelur. Bahkan, pada saat musim penyu bertelur, Pokdarwis akan berjaga malam untuk menyelamatkan telur-telur tersebut.

Nah, telur-telur ini lah yang kemudian dirawat oleh Pokdarwis di penangkaran penyu. Setelah proses penetasan, bayi-bayi penyu (tukik) tadi akan dilepaskan kembali ke pantai bila sudah memasuki usia cukup untuk bertahan hidup.

Kemudian, Pantai Minang Rua juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya, seperti areal parkir, balai pertemuan, cafetaria, jugle tracking, kamar mandi umum, kios sovenir, kuliner, mushola, selfie area, spot foto, tempat makan dan juga wifi.

Jarak tempuh menuju lokasi Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua yang berada di desa Klawi Kecamatan Bakauheni berjarak sekitar 6 kilometer dari pelabuhan Bakauheni atau dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit, dan berjarak sekitar 92 kilometer dari Bandar Lampung atau waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Perjalanan menuju ke pantai ini dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua dan juga roda empat. Namun, selama di perjalanan wisatawan harus berhati-hati karna akan melewati jalan yang sempit, berkelok dan cukup terjal seperti turunan dan tanjakan.

Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuk pantai ini dikenakan biaya Rp. 5000/orang. Kemudian tiket parkir kendaraan motor Rp. 10.000/motor dan Rp.20.000/mobil. Para pengelola juga menawarkan price list wisata dengan menyiapkan include tour guide dan penawaran lainnya yang tentunya ramah di kantong.

Red/Diskominfo

Komentar