oleh

TP PKK Kecamatan Salimpaung Juara Umum Jambore Kader Prestasi

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) –Tim Penggerak PKK kecamatan Salimpaung keluar sebagai juara umum pada Jambore Kader PKK Berprestasi tahun 2022 tingkat kabupaten Tanah Datar, yang dilaksanakan selama dua hari di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar. Ini diumumkan langsung oleh panitia pada saat kegiatan ini ditutup secara langsung oleh Bupati Tanah Datar sore ini Selasa (28/6).

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa semua TP PKK kecamatan memiliki peluang yang sama untuk menjadi juara.

“Pada jambore kader PKK berprestasi sebelumnya juara umum diraih oleh TP PKK kecamatan Lima Kaum, namun kali ini diraih oleh TP PKK kecamatan Salimpaung. Untuk itu kepada TP PKK kecamatan yang lain jangan berkecil hati, karena yang belum juara hari ini memiliki peluang yang sama dimasa yang akan datang,” kata Bupati.

Sementara terkait dengan pelaksanaannya sendiri, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa jambore kader PKK berprestasi ini merupakan ajang silaturahmi bagi para kader PKK se Tanah Datar.

“Saya sebagai Bupati bersama bapak Wabup selama menjabat, ini adalah jambore kader PKK berprestasi yang pertama bagi kami termasuk juga ibuk ketua TP PKK dan ibuk wakil ketua.

Disini Saya lihat situasinya sangat kental dengan kekeluargaan, kekompakan, senang sama senang dan susah sama-sama susah. Artinya ini pengalaman pertama kami tetapi sangat luar biasa, tidak hanya hiburannya tetapi yang sangat berkesan Saya lihat diantara semua kader terjadi interaksi dan kedekatan seolah-olah tidak ada jarak dan inilah yang seharusnya dilakukan,” ujar Eka Putra.

Bupati Eka juga berharap dengan adanya kegiatan ini rasa kekeluargaan antar kader semakin erat, komunikasi baik, jembatan hati menyatu, sehingga tujuan semula membantu pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat Kabupaten Tanah Datar tercapai.

Dari pelaksanaan jambore, Bupati menilai juga banyak manfaat yang bisa diambil, terutama keberanian untuk tampil yang merupakan bekal utama untuk memperjuangkan dan membela warga di daerah masing-masing.

“Kalau mental sudah bagus itu adalah bekal yang harus dibawa pulang. Tapi ingat, jauhkan kegiatan ini dari gibah (gosip), jangan banyak menggosip, tapi bekerjalah untuk membantu pemerintah nagari, kecamatan dan juga kabupaten. Boleh berbicara tapi untuk kebaikan, untuk merencanakan bagaimana kampung kita kedepan bisa bagus, kecamatan kita bagus dan tentunya kabupaten kita tercinta,” pesan Bupati.

Lebih lanjut dikatakan Eka Putra, dari kegiatan ini poin utamanya adalah kekompakan dan kebersamaan antara 14 kecamatan yang ada di kabupaten Tanah Datar ini satu suara dibawah naungan jambore kader PKK yang berprestasi untuk masyarakat Tanah Datar yang lebih baik.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa jambore kader PKK berprestasi ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan satu kali dalam dua tahun. Menurutnya, kegiatan ini telah berhasil dikemas dan dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten bersama semua pengurus kecamatan, dan nagari sehingga berjalan sukses dan meriah.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah menyelesaikan semua rangkaian kegiatan jambore kader PKK yang diikuti oleh seluruh pokja dan sekretariat. Seperti lomba deville, lomba ekspos, out bond, drama sebabak, lomba stand bazar UP2K dan yang paling menarik itu adalah lomba pesan berantai dimana dari 16 pesan yang disampaikan cuma ada dua pesan yang bisa diselesaikan dengan baik oleh peserta. Artinya apa, sebuah pesan itu harus bisa kita kemas sedemikian rupa sehingga tujuannya bisa tersampaikan dan diterima dengan baik, jadi bukan sekedar mengikuti lomba semata,” terang Ny. Lise.

Prokopim

Komentar

Tinggalkan Balasan