Wabup Richi: Pariwisata Tanah Datar Jadi Event Paralayang Dunia

Batusangkar, (Metropolis.co.id) – Sebanyak 130 Atlet Paralayang se Indonesia ikut memeriahkan Event Nasional Paralayang Trip of Indonesia (TRoI) Seri 3 Tahun 2022 digelar di Puncak Macau 2 Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar, Jum’at (1/7/2022).

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat membuka event secara resmi mengatakan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pusat menggelar event nasional di Tanah Datar.

“Pelaksanaan event bertaraf nasional ini tentunya menjadi momentum yang bagus untuk lebih mempromosikan potensi wisata di Malalo khususnya dan Tanah Datar agar semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan,” kata Richi.

Dikatakan Wabup, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar siap mendukung kegiatan serupa ini dikarenakan sejalan dengan program pemerintah yang menjadikan sektor pariwisata sebagai salah sektor utama untuk dikembangkan.

“Tanah Datar memiliki banyak potensi alam yang indah, puncak Macau 2 Malalo ini salah satunya, bahkan di sini sudah sukses melaksanakan dua kegiatan paralayang. Kita siap mendukung untuk menjadi agenda tahunan, karena dinilai mampu memberikan Multiplier effect kepada masyarakat, terutama dalam menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Disamping itu Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia bersama seluruh sektor pendukung lainnya sehingga TRoI Seri 3 bisa terlaksana dengan baik.

“Terima kasih atas kerja keras dan sinergi semua elemen dalam pelaksanaan Event besar ini, semoga ini menjadi langkah untuk Tanah Datar semakin dikenal di tingkat nasional ataupun internasional,” tukas Richi.

Sebelumnya Sekretaris Jendral FASI Pusat Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto menyampaikan, Event TRoI dilaksanakan di Malalo karena pelaksanaan dua event sebelumnya berjalan baik dan sukses.

“Pemilihan Macau 2 sebagai lokasi event TRoI Seri 3 yang merupakan event resmi dan menjadi poin bagi para atlet dikarenakan pelaksanaan event paralayang sebelumnya juga sukses, aman dan lancar bahkan lokasi ini layak untuk menggelar event Internasional, bahkan lebih hebat lagi Sumatra Barat adalah gudang atlet Paralayang,” katanya.

Dikatakan Fajar lagi, panitia pusat juga melihat Macau Dua memiliki sarana pendukung cukup baik, seperti akses jalan ke lokasi take off, arena landing juga cukup baik serta pemandangan yang tak kalah indah.

“Tiga elemen penunjang utama sudah dipenuhi disini, tinggal melengkapi dan meningkatkan apa yang sudah dimiliki seperti penginapan. Namun yang pasti kita mendukung penuh kegiatan ini di sini, sebagai bukti kita menyediakan pesawat Hercules untuk membawa atlet kita sebanyak 130 orang dari 14 Provinsi yakni dari Jateng, DKI Jakarta, Banten, Jatim, Jambi, Sumut, Sumbar, Sumsel, Jabar, Bali, Jogya, Sulteng, Papua, Aceh ,” sampainya.

Kemudian Fajar menghimbau kepada para atlit dan para offisial untuk turut memviralkan ataupun sekedar posting dimedia sosial masing-masing tentang keindahan alam lokasi TRoI.

Sementara itu ketua pelaksana yang juga ketua FASI Tanah Datar Herman Sugiarto menyampaikan, atas nama panitia, masyarakat dan pemerintah daerah menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan di Macau 2 selama 3 hari ke depan.

“Terima kasih atas kepercayaannya, Insya Allah kami siap menyukseskan kegiatan ini dan juga berharap berlanjut di tahun berikutnya,” kata Herman.

Kesiapan masyatakat Malalo, tambah Herman, didukung dengan kesiapan penginapan dan infrastruktur ke lokasi take off sudah semakin baik.

“Insya Allah, kita menyiapkan home stay di rumah-rumah penduduk, bahkan investor juga telah membangun penginapan setara bintang 4 di Malalo ini. Akses jalan sudah semakin baik, namun tentunya ke depan kita juga berharap dukungan semua pihak dan Pemerintah agar event ini kembali terlaksana di sini,” tukas Herman.

Turut hadir Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Staf Ahli Bupati Desi Trokorina, Forkipimda Tanah Datar dan Padangpanjang, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Ketua FASI Sumbar Fahlefi, Kadis Parpora dan kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Tanah Datar, Camat Batipuh Selatan, dan Wali Nagari se Kecamatan Batsel, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Pemuda dan undangan lainnya.

Prokopim

Komentar