oleh

Gubernur Buka MTQN Ke-40 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

Sumatera Barat, (Metropolis.co.id) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan, di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Senin (18/7/2022).

Dalam sambutannya Gubernur Mahyeldi menyambut baik diselenggarakannya MTQ dalam rangka menghadirkan Al-Quran di tengah-tengah kehidupan masyarakat, sebagai refleksi falsafah Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“MTQ mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak bangsa yang sekarang ini masalah tersebut sudah tergerus. Oleh sebab itu MTQ merupakan upaya kita dalam mengokohkan nilai-nilai akhlak tersebut,” ungkap gubernur.

Gubernur juga mengajak para Niniak Mamak, Cadiak Pandai dan para pemuda untuk menjaga kekompakkan serta semangat persatuan dan kesatuan.

“Dengan semangat persatuan dan kesatuan itulah yang jauh akan menjadi dekat, yang berat jadi ringan, yang susah akan menjadi mudah, sehingga kita bisa mewujudkan SDM yang unggul, profesional, maju, dan berakhlak,” kata gubernur.

Dalam rangka untuk memotivasi para qori dan qoriah yang akan mengikuti lomba di tingkat nasional, gubernur menjanjikan akan memberikan hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta kepada kecamatan terbaik dalam menampilkan hafalan Qur’annya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengatakan MTQN Ke-40 Kab. Pesisir Selatan ini bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, namun lebih kepada menumbuhkan semangat dan generasi cinta Al-Qur’an.

“Dengan semangat cinta Al-Qur’an saya harap dapat terwujudnya generasi cinta Qur’an serta kehidupan beragama dan berbudaya yang sesuai dengan falsafah Minangkabau yaitu ABS-SBK,” ujarnya.

Rusma juga berharap, semangat cinta Al-Qur’an diharapkan semakin membumikan Syiar agama Islam di Pesisir Selatan, karena Al-Qur’an merupakan sumber inspirasi sekaligus ilmu pengetahuan yang tak pernah habis digali.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah berharap ajang perhelatan MTQ bukan hanya sekedar perlombaan yang mendengungkan ayat-ayat Al-Qur’an semata, namun nilai nilai Al-Qur’an itulah yang harus dipahami dan diamalkan, sehingga akan melahirkan generasi yang berakhlaqul karimah.

“Mari kita selalu bertekad untuk senantiasa memajukan pelaksanaan musabaqah ini agar betul betul dapat dirasakan Manfaatnya oleh masyarakat, Terutama dalam kehidupan beragama khususnya di sumatera barat sesuai dengan falsafah kita,” katanya.

MTQN ke- 40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2022 ini diikuti oleh sebanyak 684 orang peserta dari seluruh kecamatan dan akan mengikuti 13 cabang yang dilombakan.

Pembukaan MTQN tersebut dihadiri oleh Tokoh Masyarakat Perantau Tapan Lunang Silaut Syamsul Rakan Chaniago, Sekda Mawardi Roska, Camat Rahul Tapan Mar Alamsyah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat Silaut Syamwil, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfi Yandrika dan Cabang Tapan OKI Hasan dan tokoh masyarakat Rahul.

Diskominfotik Sumbar

Komentar

News Feed