Sumatera Barat dan Bali Jajaki Kerjasama Pariwisata dan UMKM

Sumatera Barat230 Dilihat

Sumatera Barat, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Provinsi Bali menjajaki program kerjasama guna mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya daerah. Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang juga akrab disapa Cok Ace di Denpasar, Jum’at (16/9/2022).

Mendampingi Wagub Sumbar, hadir Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat Nazwir, Kepala Biro Pemerintahan Doni Rahmat Samulo, serta Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat M. Irsyad.

Sementara Wagub Bali didampingi oleh Asisten 1 Setdaprov Bali I Gede Dewa Putra, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Ketut Sukra Negara, Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun, Kepala Dinas Koperasi dan UKM I Wayan Eka Dina, serta Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa. Hadir pula kepala Asosiasi Perjalanan Wisata Seluruh Indonesia (ASITA) Sumbar, serta Advisor to Goverment Reletionship Air Asia Capt. Dwiyanto Ambar Hidayat.

Dikatakan Wagub Audy, kolaborasi yang tengah dijajaki kedua belah pihak tersebut digagas dalam rangka peningkatan efesiensi dan efektifitas pelayanan publik yang salin menguntungkan di masing-masing provinsi.

“Jika kerjasama ini terlaksana, maka akan memberikan impact yang sangat besar terhadap perkembangan kedua daerah khususnya di bidang pariwisata dan usaha kecil menengah,” terang Wagub Audy.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace yang juga pernah menjabat sebagai ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali selama 4 periode ini, menyambut baik rencana kerjasama dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat tersebut. Ia mengatakan kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Dalam diskusi yang hangat tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali juga diundang langsung oleh Uda Wagub -sapaan akrab Wagub Sumbar- untuk berkunjung ke Sumatera Barat.

“Jika Wakil Gubernur Sumatera Barat atau pejabat daerah lain berkunjung ke Bali itu sudah biasa, namun jika Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang datang berkunjung ke Sumatera Barat, itu baru luar biasa,” kata Uda Wagub.

Tidak hanya dengan Provinsi Bali, Wagub mengatakan juga sedang menggalakan kerjasama dengan berbagai pihak dan provinsi lainnya. Hal ini menurutnya merupakan salah satu strategi pemerintah provinsi dalam meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat di Sumatera Barat.

Dinas Kominfotik Sumbar

Komentar