Bangun Generasi Cerdas, Bupati Blitar Resmikan Workshop K3TK

Blitar190 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Kegiatan Workshop K3TK (Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak) secara resmi dibuka oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah. Workshop K3TK digelar di Gedung KPRI Dinas Pendidikan di Kecamatan Ponggok, Rabu, (28/09/2022).

Kegiatan Workshop K3TK meliputi Sekolah Sak Ngajine, Kegiatan Pembiasaan Berbahasa dan Berbudaya Jawa serta Permainan Tradisional.

Dalam acara tersebut juga diserahkan piala dan hadiah penghargaan Lomba Alat Permainan Edukatif yang bertepatan pada peringatan Hari Anak Nasional kepada Guru KB dan Guru TK.

Pada workshop K3TK tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar, Muspika Kecamatan Ponggok dan Guru Paud atau TK yang berada di wilayah Blitar Barat.

Dilansir dari Instagram @makriniofficial, Bupati Rini Syarifah dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya pengawasan kepada anak terhadap perkembangan teknologi dan informasi dalam penggunaan handphone (HP).

“Program Sekolah Sak Ngajine yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar sebagai salah satu inovasi pembentukan karakter pada anak. Selain itu juga mengenalkan kembali permainan tradisional dan penggunaan Bahasa Jawa baik di sekolah atau di lingkungan rumah,” ujar Rini Syarifah.

Lebih lanjut, Rini Syarifah menjelaskan, kebiasaan berbahasa jawa halus atau kromo inggil harus dibiasakan sejak dini, agar anak – anak memiliki pondasi yang kuat dalam mencintai budaya asli daerah.

“Semoga kegiatan workshop ini membawa manfaat dan barokah untuk semuanya demi menghantarkan anak didik menjadi generasi cerdas, berkarakter dan mencintai kearifan lokal,” jelasnya.

Eko / adv

Komentar