Melalui Program OVOP, Bupati Blitar Gencar Sambangi Desa

Blitar239 Dilihat

BLITAR, (Metropulis.co.id) – Bupati Blitar, Rini Syarifah, bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan asisten Pemkab Blitar menggencarkan kegiatan sambang desa melalui program One Village One Product (OVOP). Program OVOP kali ini menyasar dua desa di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, yakni Desa Sidorejo dan Desa Gembongan, pada Rabu (28/09/2022).

Dalam kunjungannya kali ini, Rini Syarifah juga menyempatkan melihat berbagai produk unggulan UMKM setempat, mulai dari produk makanan, minuman, hingga kerajinan yang ada di dua desa tersebut. Menurutnya, potensi yang ada di desa Sidorejo sangat melimpah hasil alamnya, seperti nanas dan kelapa.

“Contoh buah nanas yang diolah oleh masyarakat setempat menjadi minuman segar,” kata Rini Syarifah ditengah-tengah kegiatannya.

Rini Syarifah mengungkapkan, melimpahnya nanas di desa ini, bisa dimanfaatkan untuk produksi dan hasilnya banyak turunannya. Contoh ampasnya bisa dibuat untuk makanan dodol, ini peluang usaha yang sangat luar biasa, termasuk kulitnya untuk pupuk.

“Saya merasa senang di desa Sidorejo, karena peluangnya di depan mata sangat luar biasa. Saya berharap potensi yang ada di Desa Sidorejo bisa dikembangkan secara maksimal. Saya juga berharap anak muda milenial di desa ini mempunyai bakat Entrepreneur,” ungkapnya.

Sementara itu, saat kunjungan di Desa Gembongan, Rini Syarifah juga mengunjungi tempat burung hias yang banyak sekali ditampilkan. Suatu saat jika ada agenda festival, pihaknya akan mengangkat dan akan terus mendorong potensi yang ada di Desa Gembongan.

“Ternyata potensi disini sangat luar biasa, UMKM nya bagus, termasuk sektor pertaniannya, peternakan, perikanan. Kita langsung terjun untuk melihat potensi yang ada di sini, termasuk dalam program ini banyak solusi yang saling bersinergi dengan daerah lain,” ujarnya.

Eko / adv 

Komentar