Kiat Jitu Nanang Atasi Inflasi Dengan Program Ketahanan Pangan

Lampung Selatan164 Dilihat

Lampung Selatan, (Metropolis.co.id) – Guna mencetak agropreneur muda ditengah ancaman inflasi yang tengah melanda, Bupati Lampung Selatan gagas program petani milenial.

Berbekal lahan yang berada di lingkungan Kebun Edukasi rumah dinas bupati Lampung Selatan. Bupati Nanang ingin lahan tersebut di tanami berbagai komoditas pangan seperti cabai, sayur-sayuran, dan buah.

“Nanti akan kita coba tanam cabai, buah semangka, dan berbagai sayuran seperti kacang panjang, tomat, pare dan sayuran lainnya,” ucap Nanang.

Petani Milenial di Lampung Selatan sendiri terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan.

“Ini suatu trobosan baru yang keren, jika berhasil ini bisa menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain,” kata Bupati Nanang bersemangat.

Menurut Nanang, manfaat menanam komoditas pangan seperti cabai, bawang, tomat ataupun sayur-sayuran, terutama di lingkungan pekarangan rumah merupakan sebuah kemandirian ekonomi dan wujud ketahanan pangan yang dapat menopang kebutuhan sehari-hari.

“Warga bisa memanfaatkan lahan sekitar rumah dan hasilnya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual sehingga bisa nambah pemasukan,” ujar Nanang Ermanto.

Nanang berpesan, untuk jangka tanam intervalnya tidak terputus.

“Jadi nggak putus ini, orang akan berkunjung dan membeli sayuran kesini, dan bisa menjadi edukasi masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Joko yang merupakan salah satu anggota Satpol PP yang tergabung dalam petani milenial Kabupaten Lampung Selatan, merasa antusias dan mendukung penuh program yang digagas Bupati Lampung Selatan tersebut.

“Untuk komoditas kita akan tanam satu-persatu dahulu. Seperti cabai namun nanti kedepan kita akan kembangkan lagi,” kata Joko.

Red

Komentar