HPN 2023, Pesawaran Terima Anugrah Kebudayaan Dari PWI Pusat

Nasional317 Dilihat

MEDAN, (Metropolis.co.id) – Masyarakat Kabupaten Pesawaran patut berbangga dengan khazanah budaya asal wilayah Pesawaran. Sebab pada HPN 2023 Pesawaran menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.  Salah satunya dalam bentuk kerajinan tenun sulam jelujur.

Bahkan, kain tenun khas bumi Andan Jejama itu berhasil mewakili Provinsi Lampung dalam Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Kepala Dinas Kominfotiksan Pesawaran, Jayadi Yasa menyebut anugerah kebudayaan itu akan diterima oleh Bupati Dendi Ramadhona pada malam puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

“Momentum perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 ini, Bupati Dendi Ramadhona akan menerima anugerah kebudayaan dari PWI Pusat bersama sembilan bupati/ walikota lain dari seluruh Indonesia,” kata Jayadi mewakili Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona usai dialog kebudayaan di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023).

Ketua PWI Lampung, Wira Hadikusumah mengatakan penghargaan itu menjadi kebanggaan bagi warga Provinsi Lampung. Sebab karya sulam jelujur menjadi warisan budaya yang mencerminkan kearifan lokal dari provinsi berjuluk Sang Bumi Ruwa Jurai ini.

“Tentu ini menjadi kebanggan masyarakat Lampung, kami juga turut mengapresiasi atas penghargaan yang diterima Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona,” kata Wira.

Penghargaan Anugerah Kebudayaan itu rencananya diserahkan oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari, didampingi Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah serta Ketua PWI Kabupaten Pesawaran, M Ismail. Selain itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga turut menyaksikan penyerahan panghargaan tersebut.

“Sebelumnya Lampung juga menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan yang diwakili Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad,” kata Wirahadikusumah.

Komentar