HPN 2023 Sambut Generasi Emas Indonesia dengan Literasi Digital

Nasional158 Dilihat

Medan, (Metropolis.co.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo RI) Usman Kamsong mengatakan, indeks literasi digital Indonesia kembali mengalami peningkatan pada 2022.

Hasil itu, berdasarkan survei tatap muka terhadap 10 ribu responden menggunakan metode multistage random sampling pada bulan Agustus–September 2022 di 34 Provinsi dan mencakup 514 Kabupaten/Kota.

Hasil survei tersebut, tergambar dari survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC).

Menurut Usman Kamsong, pada tahun 2020 Indonesia hanya memperoleh skor 3,46 poin. Kemudian 2021 naik menjadi 3,49 poin (naik 0,03 poin).

“Indonesia berhasil naik 0,05 poin dari 3,49 menjadi 3,54 poin,” kata Usman Kamsong saat membuka seminar Digital Literasi Medis Sosial dan Entrepreneurship Bagi Generasi Milenial di Aula FISIP Universitas Sumatera Utara, Medan, Selasa (7/2/2023).

Pada seminar yang dibuka Dekan Fisip Universitas Sumatera Utara, Hatta Ridho. Usman Kamsong mengatakan, peningkatan skor tersebut menunjukkan literasi digital masyarakat Indonesia berada pada kategori sedang.

“Kami melakukan pengukuran menggunakan empat pilar, yaitu kecakapan digital (digital skills), etika digital (digital ethics), keamanan digital (digital safety), dan budaya digital (digital culture),” kata Usman Kamsong yang juga Alumnus Fakultas Komunikasi Universitas Sumatera Utara itu.

Usman yang mantan jurnalis Harian Republika dan Media Indonesia itu memaparkan, dari empat pilar, terdapat tiga pilar yang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yakni pilar digital skill (dari 3,44 menjadi 3,52), pilar digital ethics (3,53 menjadi 3,68), dan pilar digital safety (3,10 menjadi 3,12). Sedangkan pilar digital culture mengalami penurunan dari 3,90 menjadi 3,84.

Dia menilai, tema yang diangkat pada seminar Hari Pers Nasional (HPN) 2023 ini amat tepat. Karena sejalan dengan Program Gerakan Nasional Literasi Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyasar tiga segmen, yaitu segmen pemerintahan, segmen pendidikan, dan segmen masyarakat umum.

“Program tersebut memiliki target 50 juta masyarakat Indonesia terliterasi sampai dengan tahun 2024,” kata Usman

Apalagi pada 2023, akan ada kajian terkait konten literasi digital yang diperlukan untuk membangun ruang digital yang lebih positif dan menambah agenda yaitu sekolah Influencer.

“Mari kita sambut generasi emas Indonesia pada 2045 dengan literasi digital, agar lebih banyak generasi pencipta lapangan kerja daripada pencari kerja,” kata Usman Kamsong.

Dia menilai dengan literasi digital, generasi milenal akan jadi berkah dan bukan jadi beban Indonesia. Dia bersyukur kini banyak generasi milenal yang literasi digitalnya maju, sehingga tak semua lulusan perguruan tinggi berebut jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Red

Komentar