HPN 2023, Usman : Skor Literasi Digital Masyarakat Alami Peningkatan

Nasional128 Dilihat

Medan, (Metropolis.co.id) — Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-28 tahun 2023 di Kota Medan, diisi dengan berbagai kegiatan. Termasuk Talk show litersi media digital yang berlangsung di Aula Fisip Universitas Sumatra Utara (USU), Selasa (7/2/3023).

Pada seminar yang dibuka Dekan Fisip USU Hatta Ridho. Usman Kamsong mengatakan, peningkatan skor menunjukkan literasi digital masyarakat Indonesia berada pada kategori sedang.

“Kami melakukan pengukuran menggunakan empat pilar, yaitu kecakapan digital (digital skills), etika digital (digital ethics), keamanan digital (digital safety), dan budaya digital (digital culture),” kata Usman Kamsong yang juga Alumnus Fakultas Komunikasi Universitas Sumatera Utara itu.

Dalam sambutannya, Dirjen Kominfo RI ini menyampaikan, dalam workshop digitalisasi yang berlangsung di Kampus USU bertemakan ‘Literasi Digita Media Sosial dan Enterpreneurship untuk Generasi Melinial’ mengalami peningkatan dibidang digital skil, etika dan kalcer.

Usman menambahkan, Pemerintah saat ini mendorong ‘Job Criator ‘ pencipta lapangan kerja, Kominfo juga mempunyai program adopsi tehnologi UMKM. Program ini bertuan, agar mempermudah pelaku UMKM dalam memanfaatkan ruang kosong di media sosial. Tujuannya, mempromosikan hasil produknya di dalam ruang kosong di gitalisasi.

Red

Komentar