PJ. Bupati Paparkan Keberhasilan saat HUT ke 14 Tubaba

Tulangbawang Barat, (Metropolis.co.id) – PJ bupati tubaba Dr.zaidirina, Forkopimda tubaba,Polri, TNI, Kejaksaan,Seluruh anggota DPRD tubaba,Camat se-Tubaba, ketua organisasi pers tubaba, para kepala tiyuh dan tokoh adat tubaba hadiri rapat paripurna istimewa memperingati hari ulang tahun Ke-14 Kabupaten tulang bawang barat tahun 2023, Senin (3/4/2023).

Dalam sambutan PJ bupati tubaba Dr.zaidirina menyampaikan, Alhamdulillah, Kabupaten tulang bawang barat saat ini terlah berusia 14 tahun, Daerah ini dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 50 tahun 2008 tentang pembentukan kab,tubaba di provinsi lampung, dan diresmikan oleh menteri dalam negeri atas nama Presiden Republik Indonesia pada tagal 3 April 2009.

”Keberhasilan kita dalam menjaga keberlanjutan pembangunan pada hakekatnya merupakan salah satu pengejawatahan dari aspirasi dan cita-cita pembentukan kab,tubaba ini, dimana masyarakat menginginkan peningkatan kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan publik,” kata PJ bupati tubaba Dr.zaidirina .

Ini juga didorong oleh percepatan pertumbuhan kehidupan demokrasi, percepatan pelaksanaan pembangunan ekonomi, percepatan pengelolaan potensi daerah, peningkatan keamanan dan ketertiban serta peningkatan hubungan yang serasi antara pusat dan daerah

”Kini di usianya yang telah memasuki 14 tahun, kita secara bersama-sama dapat merasakan hasil dan manfaat dari pembangunan yang kita laksanakan bersama-sama pula, dan tentunya untuk ke depan kita harus dapat senantiasa meningkatan laju pembangunan, dan juga terus merawat serta menjaga semangat kebersamaan demi terwujudnya kemajuan yang makin adil dan merata di bumi ragem sai mangi wawai tercinta ini<” jelasnya.

Dijelaskanya, tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,Penghargaan dari Kementerian PemberdayaanPerempuan dan Perlindungan Anak sebagaiKabupaten Layak Anak Kategori Pratama, Penganugerahan Inovasi Mesin Pencacah danPenepung Multiguna juara 1 Tingkat Nasionalpada acara Teknologi Tepat Guna(TTG) XXIII Unggulan,Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAMoleh Menteri Hukum dan HAM pada PeringatanHAM se-Dunia ke-74.

“Penghargaan Opini WTP 10 kali berturut-turutuntuk LKPD oleh Menteri Keuangan,
Penghargaan dalam bentuk sertifikat EradikasiFrambusia atau bebas Frambusia Oleh MenteriKesehatan, Penghargaan Sarana Implementasi Program Kartu Bertani Berjaya terlengkap se-ProvinsiLampung dari Gubernur Lampung,” jelasnya.

Prestasi maupun penghargaan ini tentu sejalandenganpeningkatancapaiankeberhasilanpembangunan Kabupaten Tulang Bawang Baratberdasarkan indikator kinerja makro yang didukungoleh seluruh perangkat daerah.

“Yaitu Pertumbuhan perkenomian di Kabupaten TulangBawang Barat Tahun 2022 mencapai 4,49%meningkat bila dibandingkan Tahun 2021 yang hanya sebanyak 2,89%, tentunya ini patut kitasyukuri bahwa Kabupaten Tulang Bawang Barat memperoleh tren pertumbuhan ekonomi yangpositif dari tahun ke tahun,” lanjutnya.

Pendapatan perkapita juga mengalami peningkatan dari tahun 2021sebesar 41,57 juta rupiah di tahun 2022 menjadi45,69 juta rupiah,Melalui berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang telah diupayakan pemerintah daerah.

“Telah menjadi penurunan angkakemiskinan menjadi 7,44% dari tahun 2021 sebesar8,32% dan Gini Rasio atau perbandingan ketimpangan pengeluaran masih lebih baik dibandingkan provinsi maupun nasional diangka0,261,” ucapnya.

Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten TulangBawang Barat masih dibawah angka IPM ProvinsiLampung maupun Nasional dengan nilai 67.13 diTahun 2022. Namun angka tersebut selalumengalami kenaikan setiap tahunnya.

“Demikian pula komponen pendukung IPM selalu mengalami kenaikan, di tahun 2022, Angka Harapan Hidup senilai 70,23 tahun, Rata-Rata Lama Sekolah 7,72tahun, Harapan Lama Sekolah 12,09 tahun danPengeluaran Perkapita pertahun 8,737 juta, “ sambungnya..

Pada sektor infrastruktur sarana dan prasarana,baik Pemerintah maupun umum, juga terus kitatingkatkan ketersediaan dan kualitasnya, terutama sarana dan prasarana daerah yang akan mendukung pelaksanaan pelayanan, pendidikan,kesehatan, transportasi, pemukiman dan lain-lain.

Selanjutnya,program unggulan dalam peningkatan perekonomian yang sudah berjalan ditahun 2022 dan Insyaa Allah akan dilanjutkan di tahun selanjutnya terdiri dari, Program Mandiri Pangan yang terdiri dari kolamKebun Kandang dan Wisata.

Pasar Ternak, pasar ternak terpadu dengan pusatdata dan informasi ternak, bank pakan dandemplot budidaya, Pendukung E-KPB yang terintegrasi dengan SmartVillage (tiyuh calak), Dalam pelaksanaan Tugas Pengendalian Inflasidilakukan dengan melakukan identifikasi permasalahan,langkah-langkah yang dilakukan oleh TPID dan Satgas Pangan sertarekomendasi kebijakan dalam pengendalian inflasidaerah,” tutupnya.

Red

Komentar