Peringatan Nuzulul Quran, Pemkab Blitar Gelar Khataman Al-Qur’an 1000 Kali

Blitar260 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar menggelar Khataman Al-Qur’an 1000 kali dalam rangka memperingati Nuzulul Quran, yang di gelar di SD Negeri 01 Babatan, Kecamatan wlingi, Kabupaten Blitar, Sabtu (08/04/2023).

Kegiatan dihadiri Bupati Blitar yang diwakili Sekda Kabupaten Blitar Izul Maron, PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Wiji Asrori, pengawas TK SD SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Kepala Sekolah TK/SD/SMP se-Kabupaten Blitar, Forkopimcam Kecamatan Wingi dan seluruh peserta khataman yang mengikuti acara secara langsung maupun daring atau virtual.

Mewakili sambutan Bupati Blitar, Rini Syarifah yang pada kesempatan ini tidak bisa hadir, Sekda Kabupaten Blitar, Izul Marom menyampaikan, dalam rangka gebyar Sekolah Sak Ngajine (SSN) khataman Al-qur’an yang dipusatkan di SDN 01 Babatan Wlingi, kegiatan ini adalah sebagai bentuk Peringatan Nuzulul Quran peristiwa yang mengingatkan akan pentingnya Iq’ro yang tentunya sangat dekat dengan dunia pendidikan, dan seiring dengan perkembangan zaman, literisasi di dunia digital harus dibangun dengan bijak dan cerdas.

“Ini luar biasa _subhanallah_ ini bukti kecintaan kita kepada Al-qur’an dan mengajak anak-anak kita sejak dini untuk cinta dan rajin membaca Al-qur’an, dengan harapan sampai nanti menerapkan kaidah atau nilai-nilai kandungan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk Bapak Ibu Guru juga harus bisa beradaptasi dengan teknologi, termasuk berinovasi”, ucapnya.

Bupati Rini melalui Sekda juga mengatakan, program SSN adalah sebagai salah satu upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yakni pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan tunggal, serta kritis dan kreatif, juga sebagai bentuk benteng filter bagi anak didik supaya tidak kecanduan gadget atau handphone.

“Anak dari segala usia sudah familiar memainkan fitur-fitur canggih yang ada di handphone untuk itu sekali lagi _monggo_ (ayo,red) bapak ibu, program SSN atau Sekolah Sak Ngajine terus dilaksanakan dengan maksimal dengan harapan anak didik kita semuanya menjadi anak yang sholeh dan sholehah, berkarakter, berkualitas dan berdaya saing untuk membawa kemajuan bangsa”, harapnya.

Terakhir, Bupati juga berpesan agar kegiatan Khataman Alquran tidak dilaksanakan cuma pada bulan suci Ramadan,namun bisa diagendakan secara rutin misalnya sebulan sekali pada hari Jumat.

Sementara itu diwaktu yang sama, PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Wiji Asrori menyampaikan Acara ini merupakan lanjutan dari program SSN yang sudah berjalan kurang lebih dari satu tahun, dan sebagai salah satu wujudnya karena bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan 1444 Hijriyah atau Malam Nuzulul Quran, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar memprogramkan 1000 Khatam Al-qur’an untuk seluruh lembaga di Kabupaten Blitar.

“Target 1000 ini sudah terlampaui dan bahkan sudah melebihi target, untuk Sekolah Dasar 725 kali khatam, untuk SMP Negeri 891 kali khatam, SMP Swasta 316 kali khatam dan untuk guru-guru TK 30 kali khatam, jadi total keseluruhan 1962 khatam”, jelasnya.

Lebih lanjut, langkah ini adalah merupakan langkah batin untuk mencegah bullying, perundungan dan pelecehan seksual yang akhir-akhir ini cukup marak di Kabupaten Blitar. Maka dari itu pada tanggal 11 April akan dilanjutkan bekerjasama dengan Kominfo Pusat dengan langsung melakukan pencegahan secara daring dengan seluruh siswa SD kelas 5 dan 6 dan SMP kelas 7,8,9 se-Kabupaten Blitar.

“Seluruhnya kita mendapatkan support dari Kementerian Kominfo Pusat, dan Kabupaten Blitar menjadi salah satu sasarannya. Jadi pada hari Selasa 11 April 2023 ini akan bertemu secara daring dengan tim Kominfo Pusat dengan anak-anak kita sebagai upaya bahwa tidak akan lagi muncul bullying, perundungan dan pelecehan seksual yang terjadi di Kabupaten Blitar”. pungkasnya.

Adv/Kominfo/Eko

Komentar