Undang Dosen Tamu Luar Negeri, FEBI UIN RIL Mantapkan Langkah Menuju Visi Internasionalisasi

Kabar Kampus666 Dilihat

Bandar Lampung (Metropolis.co.id) – Sebagai bentuk kerjasama Internasional dalam bidang akademik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Intan Lampung melaksanakan program International Visiting Professor and Lecturing. FEBI UIN Raden Intan Lampung menghadirkan pensyarah ahli dan berkompeten dari tiga Negara, yakni Turkey, Filipina dan Malaysia.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dalam bidang pembelajaran yang sudah berjalan dari tahun sebelumnya. Dalam program kegiatan ini, FEBI UIN Raden Intan Lampung mendapat kesempatan untuk menerima 8 dosen dari 6 universitas luar negeri yakni Universiti Teknologi Mara (Malaysia), Universiti Geomatika Malaysia, National Defence University of Malaysia, Universiti Malaya (Malaysia), Mindanao State University (Filipina), dan Mersin Universitesi (Turkey).

Delapan dosen tersebut memberikan kuliah selama 2 semester di tahun 2023 yang saat ini sedang berjalan pelaksanaanya.

Kegiatan International Visiting Professor and Lecturing dilaksanakan secara hybrid, yaitu daring melalui platform Zoom Cloud Meeting dimulai di awal semester I dan pertemuan luring yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023.

Dekan FEBI UIN Raden Intan Lampung, Prof Dr Tulus Suryanto MM Akt CA, Kamis (25/5/2023), mengatakan, Program International Visiting Professor and Lecturing merupakan salah satu program unggulan dari FEBI dalam Kerjasama Internasional antar perguruan tinggi dari luar negeri.

Dia mengungkapkan tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu akademik mahasiswa FEBI serta persiapan akreditasi Internasional FIBAA dan LAMEMBA.

“Selain dari program International Visiting Professor and Lecturing, kami sudah menjalankan International Internship, Visiting Lecturer bagi dosen FEBI untuk memberikan kuliah di Malaysia, Pengabdian Internasional bagi dosen di Kampung Bharu Malaysia, kunjungan akademik, penelitian ke Malaysia, dan juga kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya,” jelas Guru Besar Bidang Ilmu Akuntansi itu.

Sedangkan menurut Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr Madnasir MSi, program Visiting Lecture merupakan program unggulan yang sudah berjalan untuk kedua kalinya.

“Ini merupakan atensi langsung dari Dekan FEBI UIN Raden Intan Lampung untuk menyelenggarakan program internasional dalam bidang pendidikan. Ada 20 kelas dari semester II-IV dari 4 Prodi yaitu Perbankan Syariah 5 kelas, Akuntansi Syariah 5 kelas, Ekonomi Syariah 5 kelas dan Manajemen Bisnis Syariah 5 kelas,” katanya.

Berikut Profesor dan dosen Program International Visiting Professor and Lecturing:

  1. Prof. Dr.Ismail bin Omar (University Geomatika Malaysia)
  2. Prof. Dr. Mohd Abdullah Jusoh (National Defence University of Malaysia)
  3. Assc. Prof. Dr. Abdul Kadir bin Othman (University Teknologi Mara, Malaysia)
  4. Prof. Dr. Anwar M. Radiamoda (Mindanao State University, Filipina)
  5. Prof. Dr. Che Ruhana Binti Isa @ Mohamed Isa (Universiti Malaya, Malaysia)
  6. Assc. Prof.Dr .Shereen Noranee (University Teknologi Mara, Malaysia)
  7. Assc. Prof.. Dr. Noor Azliza Abidin (University Geomatika Malaysia)
  8. Maya Moalla, Ph.D (Mersin University, Turkey)

HUMAS UIN RIL

Komentar