Coach Nasir: 32 Pemain Lampung Untuk Pra PON Sepakbola Sudah Dikantongi

Nuansa3845 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Setelah melalui tahapan seleksi pemain sepakbola untuk kerangka tim Pra PON Lampung 2023 di tiga zona, saat ini pelatih kepala (head coach) tim Pra PON, M Nasir telah memilih 23 nama pemain yang masuk kriteria awal tim.

Kemudian ditambah 9 pemain lainnya sebagai pemain magang selama persiapan pembentukan tim Lampung. Ini diungkapkan Nasir kepada mediasenior.id Jumat 26 Mei 2023 di Bandarlampung.

Menurut Nasir, kali ini materi yang diseleksi sangat baik dan banyak.

“Sebenarnya Lampung ini gudangnya pemain bagus, makanya saya optimis sekali bisa membentuk tim kuat untuk persiapan Pra PON nanti. Kami mencatat ada 23 pemain yang terpilih sementara menghuni training center (TC) pra PON.” Kata Nasir.

Namun, tambah Nasir, persediaan pemain bagus memang masih melimpah. Jadi secara akomodatif tim kepelatihan memutuskan untuk memberikan kesempatan 9 pemain mengikuti seleksi berjalan, namun tidak termasuk yang dibiayai PSSI selama TC. Mereka mandiri.

“Kami saat ini akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pemain Lampung yang benar-benar bagus untuk tim Pra PON. Maka dari itu ada pemain magang di kerangka tim ini. Mereka punya kesempatan untuk menyodok dan tentu ini merupakan iklim persaingan kemampaun yang sangat keras untuk bisa mauk tim inti,” ungkap mantan pelatih Lampung FC itu.

Promosi dan Degradasi
Lebih lanjut M. Nasir menegaskan bahwa untuk membentuk tim ini sangat berat. Maka dia menerapkan disiplin yang tinggi untuk semua pemain tanpa pandang bulu.

Karenanya diberlakukan sistem promosi dan degradasi dalam perjalanan TC berjalan ini, sehingga pada saatnya nanti akan didapatkan pemain yang benar-benar bermental baja, dengan kemampuan fisik memadai dan skill yang teruji.

“Saya menetapkan pola latihan yang sangat keras. Untuk membentuk tim bagus, harus pakai program yang bagus, yang berkualitas. Lihat saja nanti dalam latihan fisik dan teknik, saya sangat keras. Tidak boleh ada yang bermain-main dengan TC ini. Karena mereka belum aman,” tandas pelatih berambut dan berjenggot putih ini serius.

Diberlakukannya promosi dan degradasi untuk memberikan daya saing diantara pemain sangat ketat dan keras, sehingga semua kemampuan individu akan dikeluarkan semua.

“Kalau mereka seriu untuk bisa masuk tim, maka mereka harus berjuang. Tak ada pilih kasih di sini. Kalau punya materi bagus tapi mentalnya tempe, ya percuma. Semua harus ditempa dengan keras dalam waktu yang sangat terbatas ini.” tambahnya.

Genjot Stamina
Ketika disinggung gaya kepelatihan Shin Tae-yong di Tim Nasional Garuda lebih mencolok memfokuskan pada stamina, mental dan disiplin, M. Nasir tertawa.

“Jauh sebelum Shin Tae-yong datang ke Indonesia, sebenarnya kebiasaan saya menangan tim sudah seperti itu. Tanyakan pada mantan pemain saya. Pasti mereka faham, bahwa Coach Nasir menggenjot stamina pemainnya jauh lebih keras dan menerapkan disiplin yang sangat ketat dan tanpa ampun,” tuturnya.

Maka dia menegaskan untuk permainan tim, faktor stamina adalah utama. Stamina adalah modal dasar yang sangat penting, kemudian teknik.

“Stamina itu mempengaruhi segalanya. Bagaimana jika tim kita hanya mampu bermain dengan stamina tinggi hanya untuk 60 menit. Maka menit sisanya akan menjadi bulan-bulanan lawan. Oleh karenanya kita harus buat tim ini mampu bermain 120 menit dengan stamina stabil. Tetapi jika tidak bisa, maka minimal mereka harus mampu bermain penuh 90 menit,” tambahnya.

Demikian juga faktor pendukungnya adalah perbaikan mental dan disiplin tinggi. Tanpa dua faktor penunjang ini maka tim juga akan punya banyak kelemahan nantinya.

“Disiplin juga sepadan dengan stamina. Karena dengan disiplin tinggi, maka kita bisa mengolah stamina dengan benar,” ujarnya.

Sementara itu manajer tim pra PON Sepakbola Lampung, Yoga Swara, mengatakan bahwa dari 32 nama yang sudah dikantonginya itu nanti secara resmi akan diumumkan saat launching tim pada 2 Juni 2023.

“Nanti akan kami umumkan secara lengkap. Siapa saja asisten pelatih, ofisial dan seluruh pemain terpilih dan terseleksi ini. Dari 32 nama itu, mana yang masuk di 23 dan mana yang 9 pemain magang,” kata Yoga.

Untuk sementara mereka akan ditempatkan di sebuah mess, di kawasan Sawah Brebes Tanjungkarang Timur untuk menjalani program latihan secara terpadu, sampai terbentuknya tim inti pra PON Lampung.

ED/PRI

Komentar