Peringati HLHS Pemkab Blitar Gelar Giat Bersih Pantai dan Mangrove di Serang Panggungrejo

Blitar372 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar acara bersih pantai dan penanaman mangrove di Pantai Serang Panggungrejo, Senin (24/07/2023).

Pada kesempatan kali ini, Bupati Blitar, Rini Syarifah, mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai.

Bupati Rini Syarifah juga berharap, kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dan yang paling utama adalah menjaganya. Menurutnya, pihaknya senantiasa memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove.

“Kegiatan ini sebagai upaya kita melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dengan menanami pohon mangrove. Hal ini juga sebagai bukti kecintaan dan bentuk komitmen kita untuk melestarikan lingkungan,” katanya.

Selain itu, lanjut Rini Syarifah, kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi konservasi, serta untuk pengembangan ekowisata dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini dikarenakan hutan mangrove sangat berguna memperbaiki ekosistem pesisir pantai, mengurangi abrasi air laut, dan menjaga habitat di sekitar mangrove.

“Bahkan hutan mangrove ini bertujuan sebagai upaya menyimpan emisi karbon lebih banyak daripada hutan tropis di darat,” ujarnya. 

Bupati Rini Syarifah juga menambahkan, selain tanaman mangrove, pada kesempatan ini juga akan ditanam tanaman endemik Pantai Serang yaitu Nyamplong dan Keben dengan tujuan untuk melestarikan tanaman endemic agar tidak punah serta untuk menambah keanekaragaman hayati tanaman di sekitar Pantai Serang.

“Saya minta kegiatan ini juga diajarkan kepada generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan, karena akan mendukung kehidupan masyarakat di masa depan,” imbuhnya.

Eko/ADV

Komentar