Sigap Bencana, Basarnas Lampung Berikan Pelatihan SAR Untuk Siswa Pelajar

Institusi1476 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Dituntut mampu menghadapi kedaruratan baik itu kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia. Basarnas Lampung berikan pelatihan SAR Goes To School (SGTS) untuk para siswa di GSG Karya Bakti Herman H.N Kemiling Kota Bandar Lampung, Rabu (26/07/2023).

Kepala Seksi Sumber Daya Basarnas Lampung, Iwan Ramdani. menunjuk Deden Ridwansah, bertindak sebagai ketua penyelenggara kegiatan mewakili Basarnasdengan tujuan untuk memberikan edukasi pada para peserta.

“Tema kegiatan SGTS tahun ini adalah Embracing Preparedness, maksudnya kegiatan ini dapat menginspirasi siswa untuk lebih peka terhadap keselamatan, kesiapan, dan membangun rasa empati serta tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat.’ katanya.

Peserta SGTS ini berjumlah 80 siswa yang berasal dari kelompok Pramuka Kwarcab Kota Bandar Lampung, dan Kwarcab Kab. Lampung Selatan. Acara ini dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 26 Juli 2023.

“Materi yang diberikan terdiri dari MFR (Medical First Responder), HART (High Angle Rescue Tehnique), Urban SAR, Jungle Rescue, dan Water Rescue,” lanjutnya.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Anggota Komisi V DPRD Lampung Deni Ribowo, Koordinator FKP3D (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah) Lampung Aris Gibrant, perwakilan pimpinan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, BPBD Prov. Lampung.

“Basarnas berkolaborasi dengan pihak Pemda mengadakan kegiatan ini dengan sasarannya adalah Pramuka yang berasal dari siswa pelajar SMA di Lampung Selatan dan Bandar Lampung,” kata Deni Ribowo

Ia menyebut kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama dalam hal edukasi terhadap siswa-siswi agar mereka menularkan kegiatan ini untuk siswa-siswi di kabupaten dan kota lain di Lampung.

“Hal ini menjadi catatan bagi kami komisi V, sebagai peningkatan kapasitas potensi SAR di provinsi Lampung. Dan diharapkan di kabupaten lain bisa diadakan kegiatan seperti in,” tutupnya.

Tanpak juga hadir, perwakilan unsur BPBD Kota Bandar Lampung, BPBD Kab. Lampung Selatan, Kwarcab Kota Bandar Lampung, Kwarcab Kab. Lampung Selatan, Danramil Kedaton, FRRL dan Kapolsek Rajabasa.

Red

Komentar