Meriahkan Bulan Suro, Pemdes Jatirejo Gelar Syukuran dan Santunan Anak Yatim

Kabupaten Lumajang1523 Dilihat

Lumajang, (Metropolis.co.id) – Meriahkan bulan suro 10 Muharam 2023, pemerintah desa bersama masyarakat desa Jatirejo meriahkan acara dengan penuh hikmat dan penuh kesederhanaan di balai desa setempat, kamis (27/10/2023).

Adapun ragam acara yakni, do’a bersama, santunan anak yatim piatu dan pembukaan Puja Sera yang turut di hadiri kepala desa, Richo Prile Jevise dan Mubaligh Kh. Ridwan Alimaki, serta para sesepuh dan para perangkat desa.

“Acara ini berjalan dengan suasana hangat serta penuh khidmat, meski di adakan secara sederhana dan di iringi alat musik Rebana group Majelis Syababul Musthofa,” Anata Kades Richo.

Menurut Richo sapaan akrabnya, kegiatan berdoa bersama ini di lakukan 2 kali yaitu pada malam 1 Suro dan 10 Muharram.

“Sederhana saja, yang penting tujuan khusus untuk anak yatim dan lainya berjalan lancar dan sesuai harapan,” ucapnya.

Sebagai kepala desa Richo berpesan kepada warga masyarakat Jatirejo untuk terus bersemangat dalam memberikan dampak baik pada masyasakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan berkah buat kita semua, dan dapat terlaksana kembali di tahun depan,” harapnya.

Sementara itu, pengisi ceramah kegiatan santunan anak yatim Mubaligh Kh. Ridwan Alimaki menyatakan bahwa, ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan muharram satu diantaranya adalah dengan bersedekah.

“Santunan anak yatim ini mjuga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Kemudian juga disisi lain pihaknya mengharapkan kegiatan semacam santunan anak yatim di laksanakan pada bulan Suro dan tiap hari jum’at manis yang mana bisa menjadi sebuah jalan demi menanamkan jiwa saling tolong menolong kepada sesama.

Di lokasi terlihat acara pada malam hari itu dilanjutkan dengan pembukaan kembali pujasera mengingat pada bulan agustus banyak momentum dan acara semarak kemerdekaan.

“Diharapkan dengan hidupnya pujasera, kegiatan demi kegiatan nantinya dapat membawa dampak peningkatan ekonomi pada warga desa Jatirejo,” harapnya.

Ningsih

Komentar