Wakil Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya ‘Sedekah Desa’

Kabupaten Lumajang1470 Dilihat

Lumajang, (Metropolis.co.id) – Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengapresi tradisi sedekah desa masyarakat Tempeh, yang diselenggarakan di Balai Desa Tempeh Kidul, Kamis (3/8/2023).

Bunda indah (sapaan-akrabnya) berharap agar tradisi leluhur moyang kita ini dapat terus dijaga dan dilestarikan, salah satunya adalah Sedekah Desa.

“Saya menyampaikan kepada semua Kepala Desa khususnya yang berada di kabupaten lumajang untuk menjaga tradisi Sedekah desa, sebab tradisi ini adalah peninggalan budaya yang harus dilestarikan dan di jaga,” katanya.

Menurut Bunda Indah, tradisi ini merupakan wujud rasa syukur atas limpahan rezeki yang diberikan kepada kita oleh Allah SWT.

Hal tersebut ditandai dengan gunungan yang merupakan hasil bumi dengan hiasan yang sedemikian rupa di Desa Tempeh Kidul.

“Semua ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat Tempeh Kidul yang di berikan oleh allah SWT serta nikmat atas rezeki yang berikan,” jelas Bunda Indah.

Kepala Desa Tempeh Kidul, Kecamatan Tempeh, Kab. Lumajang Sunjoto juga menjelaskan bahwa, Sedekah Desa ini sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

“Dengan rasa syukur kami juga berharap dengan perayaan Sedekah Desa ini masyarakat Tempeh Kidul di jauhkan dari musibah dan malapetaka,” jelas Sunjoto.

Selain tradisi dari nenek moyang yang harus di jaga, sedekah ini juga sebagai moment berdoa agar hasil bumi mendapatkan hasil panen yang bagus dan melimpah ruah.

Masyarakat begitu antusias dengan adanya acara ini, apalagi diwaktu berebut hasil bumi yang di tata dan di hias dengan bentuk kerucut dan masyarakat nampak sangat gembira sekali.

“Sedekah Desa ini sudah menjadi tradisi masyarakat Tempeh Kidul yang perlu bisa di agendakan tiap tahun agar semuanya bisa merasakan berokah dari hasil bumi atau yang melimpah,” tutup Sunjoto.

Ningsih

Komentar