876 Mahasiswa Baru Ikuti PSAP Unila Tahun 2023

Kabar Kampus726 Dilihat

Bandar Lampung (Metropolis.co.id) – Universitas Lampung (Unila) menyambut 876 mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana (PSAP) bagi Program Doktor, Magister, dan Spesialis Tahun Akademik 2023/2024, yang berlangsung di GSG Unila, Sabtu, 19 Agustus 2022.

PSAP merupakan tahapan dalam menyiapkan mahasiswa baru pascasarjana sekaligus memberikan bekal untuk kelancaran dan keberhasilan studi dalam menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Lampung.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Apriani, D.E.A., IPM., Asean. Eng., secara resmi mengukuhkan mahasiswa baru pascasarjana dengan memakaikan jaket almamater secara simbolis kepada mahasiswa.

Selain Rektor, PSAP dihadiri ketua senat, para wakil rektor, para dekan fakultas, direktur pascasarjana, wakil direktur pascasarjana, ketua lembaga, kepala biro, kepala UPT, para ketua program studi doktor, magister, dan spesialis di lingkungan kampus.

Prof. Lusmeilia dalam sambutan pembukaan menyampaikan selamat datang kepada 876 mahasiswa baru program doktor, magister, dan spesialis. Rektor menegaskan, Unila merupakan pilihan tepat untuk melanjutkan studi pascasarjana.

“Kalian tidak salah memilih Unila sebagai tujuan studi lanjut. Unila merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka dengan pencapaian prestasi di antaranya Unila masuk jajaran universitas terbaik di dunia versi media pendidikan tinggi Times Higher Education 2023 di posisi 17 untuk PTN di Indonesia,” ujarnya.

Rektor juga menyampaikan ucapan selamat kepada 50 mahasiswa baru pascasarjana program Magister tahun 2023 yang telah memperoleh beasiswa dari Unila berupa pembebasan biaya uang kuliah selama empat semester (dua tahun).

Melalui PSAP hari ini, Rektor berharap, mahasiswa dapat mencapai kelulusan tepat waktu (KTW) untuk prodi S-2 (lulus antara 1,5 – 2,0 tahun) dan untuk prodi S-3 (lulus antara 3,0 – 3,5 tahun) dapat mencapai di atas 40 persen.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., melaporkan, mahasiswa yang mengikuti PSAP merupakan mahasiswa yang diterima melalui jalur reguler gelombang satu dan dua.

Rincinya terdiri dari program studi Doktor 107 orang dan yang telah registrasi 97 orang. Selanjutnya program studi Magister yang diterima 749 orang dan yang telah registrasi 691 orang.

876 mahasiswa program Doktor, Magister, dan Spesialis Pascasarjana Unila menjadi peserta PSAP tahun 2023 baik seluruh mahasiswa baru yang diterima pada tahun akademik 2023/2024 maupun mahasiswa lama yang belum mengikuti PSAP.

Dari pelaksanaan kegiatan PSAP ini diharapkan mahasiswa baru dapat mengetahui dan memahami Sistem Akademik Pascasarjana Unila, memperoleh informasi menyeluruh tentang berbagai hal akademik terkait pengelolaan pendidikan di prodinya masing-masing, serta dapat meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam proses belajar yang akan diikuti, sehingga dapat lulus tepat waktu dan peduli terhadap kampus.

Humas Unila

Komentar