Bagusan Sirkuit Mandalika atau Sepang?

Nasional974 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Bos tim RNF Aprilia asal Malaysia, Razlan Razali mengomentari Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan, dia turut membandingkannya dengan Sirkuit Sepang di Kuala Lumpur, Malaysia. Lantas, mana dari keduanya yang lebih baik?

Menurut Razlan Razali, secara persiapan balapan, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika lebih baik ketimbang Sirkuit Sepang. Sebab, meski lebih cepat, namun persiapan di Indonesia terasa lebih matang.

“Penyelenggara Mandalika sekarang kerjanya sangat bagus. Semua sudah siap sejak Rabu. Di Sepang, hari Kamis kami masih kerja lagi sebelum h-1. Tapi di sini, sejak Rabu sudah beres,” ujar Razlan saat ditemui awak media di Lombok, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (13/10).

“Tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya. Mereka bekerja sangat cepat dan begitu bagus semuanya. Bersih, semua dicat ulang. Jadi memang pekerjaan bagus dari penyelenggara,” tambahnya.

Razlan memang tak secara tegas menyebut mana yang lebih baik antara Mandalika atau Sepang. Namun, menurut dia, Mandalika punya daya tarik tambahan berkat panorama alamnya yang indah.

“Tiap sirkuit unik dan berbeda. Mandalika tempatnya di pulau Lombok, ada pantai, pulau tropis, dan eksotik. Jadi banyak yang bisa dibuat untuk turis. Banyak agenda yang bisa dibuat juga seperti motocross, gokart, fasilitas baik yang bisa dibikin di Mandalika,” ungkapnya.

Razlan sebelumnya pernah menjabat sebagai chief executive officer (CEO) Sirkuit Sepang, Malaysia. Dia melihat, meski secara kesiapan dan panorama alam Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika tak perlu diragukan, namun ada sedikit hal yang harus dipelajari dari Sepang, yakni soal keberadaan fan zone.

“Mungkin aktivitas di luar sirkuitnya yang perlu tiru Sepang. Fan zone yang saya kurang lihat tahun ini. Mungkin tahun depan banyak yang bisa dibuat karena Mandalika ini cantik ya dan banyak potensi yang bisa dibuat, terutama fan zone, makanan, dan sebagainya,” kata dia.

Diketahui, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 digelar mulai hari ini (13/10) hingga Minggu (15/10). Rangkaian perlombaan dimulai dari latihan bebas, kemudian bergeser ke sesi kualifikasi dan Sprint Race pada Sabtu. Setelah itu ditutup balapan inti pada Minggu.

detik

Komentar