Gubernur Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-62 di Sijunjung

Sumatera Barat213 Dilihat

SIJUNJUNG– Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Sumbar, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 di Lapangan M. Yamin, Muaro Sijunjung, Sabtu (14/10/2023).

Ada pun peringatan Hari Pramuka tahun ini mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

“Tema ini menunjukkan semangat dari Gerakan Pramuka dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar semakin profesional,” kata Gubernur Mahyeldi saat membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Membacakan sambutan itu, Gubernur menekankan pentingnya wawasan kebangsaan dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan agar tidak luntur, menanamkan nasionalisme, rasa cinta tanah air, dan semangat bela negara. Terlebih saat momentum menjelang tahun politik seperti saat ini.

“Persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” ucapnya lagi.

Gubernur menyampaikan, meskipun terdapat keterbatasan jumlah SDM di Gerakan Pramuka, terutama untuk tataran Pembina dan Pelatih Pembina Pramuka, akan tetapi fokus tetap diberikan dalam upaya peningkatan jumlah dan kualitas.

“Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka, jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus kita upayakan,” ujarnya lagi.

Dalam sambutannya, Gubernur juga berharap agar Pramuka di semua tingkatan dapat memberikan bimbingan serta bantuan, baik secara moril maupun materi, dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka ke depan, khususnya di Sumatera Barat.

“Tak lupa, kami ucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka. Serta masyarakat luas, yang selalu mendukung pendidikan yang dijalankan oleh Gerakan Pramua. Dirgahayu Gerakan Pramuka ke-62. Satu Pramuka untuk Satu Indonesia. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia,” ucap Gubernur mengakhiri sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Mahyeldi juga turut menyerahkan tanda penghargaan Pramuka dari Kakwarnas kepada 20 orang pengurus dan anggota Gerakan Pramuka se-Sumbar. Antara lain, tanda penghargaan Melati untuk 6 (enam) orang, Darma Bakti untuk 5 (lima) orang, Karya Bakti untuk 3 (tiga) orang dan Pancawarsa untuk 6 (enam) orang anggota pramuka.

ADPSB

Komentar