Kopertais XV Adakan Bimtek Penyusunan BKD

Kabar Kampus403 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) sebagai Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) / Kopertais XV Wilayah Lampung, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Beban Kerja Dosen (BKD).

Berlangsung selama dua hari 20-21 November 2023 di Ruang Meeting Lt.1 Gedung Academic & Research Center UIN. Acara dibuka secara resmi oleh Koordinator Kopertais Wilayah XV Lampung, Rektor Prof H Wan Jamaluddin PhD, yang diwakili oleh Wakil Koordinator 1 sekaligus Wakil Rektor I Prof Dr H Alamsyah MAg.

Dalam sambutannya, Prof Alamsyah mendorong PTKIS untuk selalu melakukan perubahan dan meningkatkan kualitas akademis. “PTKIS harus bisa bekerjasama dan saling mendukung sehingga kemajuan masing-masing perguruan tinggi dapat dicapai,” ucapnya.

Karena, lanjutnya, Kopertais Wilayah XV bertanggung jawab membina memajukan PTKIS yang ada di Provinsi Lampung.

Sementara, Sekretaris Kopertais, Dr Muhammad Afif Amrulloh MPdI mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengawal proses BKD sebagai upaya menumbuhkembangkan iklim akademik di masing-masing kampus tetap terjaga.

Materi pertama disampaikan oleh Wakil Koordinator 1, Prof Dr H Alamsyah MAg, dengan pokok bahasan peran Kopertais Wilayah XV Lampung dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di PTKIS. Selain itu, Wakil Koordinator I juga menegaskan bahwa tugas utama dosen adalah pendidikan, pengajaran dan penelitian. Di luar dari hal tersebut, maka sifatnya hanya sebagai pelengkap saja, ungkapnya.

Materi kedua dipaparkan oleh Wakil Koordinator 2, Dr Safari SAg MSosI. Ia menyampaikan informasi penting mengenai arah kebijakan BKD. Dr Safari menekankan bahwa setiap dosen tersertifikasi wajib menyusun Rencana Kegiatan Dosen (RKD) dan Laporan Kinerja Dosen (LKD) setiap semester dengan mengacu PO PAK yang berlaku.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan materi terkait strategi percepatan kenaikan pangkat dosen, teknik penyusunan daftar usulan pangkat akademik dosen, serta penyusunan LBKD pada aplikasi BKD online Kopertais Wilayah XV Lampung.

Kegiatan bimtek ini diharapkan dapat mempermudah para dosen tersertifikasi dalam melaporkan kinerja. Mengingat, pelaporan BKD terdahulu masih menggunakan pelaporan manual.

Adapun peserta terdiri dari para ketua LPM di PTKIS Kopertais XV Lampung yakni:

  1. FAI Um Metro
  2. IAI Agus Salim
  3. IAI Darul Amal
  4. IAI Tulang Bawang
  5. STAI Darussalam
  6. STAI Ibnu Rusyd
  7. STAI Maarif Kalirejo Lamteng
  8. STAINU
  9. STAI Yasba
  10. STEBI Lampung
  11. STEBI Tanggamus
  12. STEI Darul Qur’an Minak Selebah
  13. STES Tunas Palapa
  14. STIS Shuffah Al Qur’an Abdullah Bin Mas’ud Online
  15. STIES Alifa
  16. STIS Darul Ulum
  17. STIS Darusy Syafaah
  18. STIS Sultan Fatah
  19. STIT Al Hikmah Bumi Agung
  20. STIT Al Mubarok
  21. STIT Bustanul Ulum
  22. STIT Darul Fatah
  23. STIT Darul Islah
  24. STIT Pringsewu
  25. STIT Tanggamus
  26. Universitas Islam An Nur
  27. Universitas Maarif Lampung

Humas UNILA

Komentar