Ilustrasi Ucapan Hari Guru dari Jokowi: Belajar di Luar Kelas yang Menyenangkan

Nasional697 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2023 yang jatuh pada hari ini, Sabtu, 25 November 2023, dalam Instagram resminya. Seperti ucapan hari besar lainnya, Jokowi menyertakan ilustrasi ‘khasnya’.

Ilustrasi tersebut menunjukkan kegiatan belajar-mengajar antar guru dengan sejumlah siswa yang terjadi di luar kelas. Suasanya belajar-mengajar itu tampak serius tapi santai dan menyenangkan. Terlihat ada 4 guru dalam ilustrasi itu, seorang guru menulis di papan tulis, 2 guru tampak duduk di rumput sambil membuka buku dan dikelilingi murid-muridnya. Satu guru lagi tampak mengangkat tangan ke atas diikuti seorang muridnya dengan ekspresi senang. Tampak 14 anak sekolah di antaranya 8 siswa SD, 4 siswa SMP dan 2 siswa SMA. Ada 3 siswa SMP tampak membentuk lingkaran sendiri, seorang siswa di tengah membuka buku, kedua siswa lainnya memperhatikan sambil berdiskusi soal buku itu.

Beberapa tulisan dalam ilustrasi yang berupa guyonan tentang sekolah dan guru memperkuat kesan belajar yang menyenangkan itu. Seorang guru menulis di papan tulis ‘Selamat Hari Dasi Kursi (Tiechair) Teacher’ dan ‘Daftar anak yang suka ngagetin -Anakonda’. Beberapa guyonan tertulis di buku yang ditumpuk di rumput, ‘Buku yang suka jatuh -Bookgedebook’ dan buku yang terbuka ‘Kejar cita-cita, bukan yang gak cinta,’ dan ‘1,2 kali gakpapa, 34 sama dengan 12’.

Di antara siswa belajar, terlihat ikon yang selalu ada dalam ilustrasi unggahan orang nomor 1 di Indonesia itu. Kucing atau anabul tak pernah lepas dari ilustrasi ucapan hari besar yang diunggah Jokowi. Kucing ‘oyen’ itu nampak memeluk buah semangka. Semangka sendiri sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Jokowi sendiri dalam ilustrasi itu terlihat mengenakan kemeja putih dan celana hitam, memperhatikan semua kegiatan belajar-mengajar yang menyenangkan itu.

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan guru bukan lagi seseorang yang ditiru. Tetapi, guru juga merupakan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa.

“Guru bukan lagi sekadar seorang yang digugu dan ditiru, yang menjadi suri teladan anak-anak didik, melainkan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa,” tulis Jokowi.

Ia juga menegaskan jika guru merupakan jembatan bagi masa depan anak. Tak hanya harapan orang tua, tapi masyarakat dan bangsa juga tersampir di pundak guru,

“Mereka menjadi jembatan anak-anak masa kini untuk melangkah ke masa depan. Di pundak mereka tersampir harapan orang tua, masyarakat, dan bangsa besar ini,” tutup Jokowi.

Selamat Hari Guru Nasional! Semangat selalu untuk pendidik generasi bangsa.

detik

Komentar