KONI Mulai Pantau Atlet Lolos PON 2024

Bandar Lampung319 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, pantau persiapan cabang olahraga dan atlet yang sudah lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut, melaluui tim monetoring dibawah koordinasi Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres).

Menurut Kabid Binpres KONI Lampung Candra Kurniawan, Senin (27/11) di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandarlampung.

Pelaksanaan Moneva (monetoring dan evaluasi) sudah berjalan sejak Cabor melaksanakan pelatihan provinsi para atlet yang sudah lolos PON, dimana pelaksanaan Pelatprov sendiri sudah ditetapkan oleh KONI terhitung 1 Oktober lalu dengan system bertahap sampai dengan Desember 2023 dan akan diteruskan pada Januari 2024 mendatang.

“Tim Monev sudah turun, untuk memantau pelaksanaan latihan para atlet PON Lampung. Tugas tim adalah mengumpulkan data atlet dan pelatih, yang melaksanakan latihan persiapan menghadapi PON. Target kami Desember seluruh Cabor dan atlet sudah kami monitor,” kata Candra.

Tim Monev sendiri dibagi dalam beberapa kelompok, yang tugas dan fungsinya sama tetapi dengan Cabor dan atlet yang berbeda. Pelaksanaan Monev sendiri barus bisa maksimal, setelah seluruh Cabor menyelesaikan babal kualifikasi (BK) PON yang akan berakhir pada Desember mendatang, jelas Candra. 

Lebih lanjut Candra menjelaskan, bahwa pada Desember mendatang akan digelar tes fisik dan kesehatan bagi seluruh atlet PON Lampung, setelah itu juga akan digelar out bound sebelum para atlet kembali fokus menjalani latihan Pelatprov 2024 menuju PON. 

Sementara itu Supeno salah satu Tim Monev yang ditemui saat melakukan kunjungan ke cabang olahraga mengatakan. Saat ini seluruh atlet Lampung yang sudah mengantongi tiket PON Aceh-Sumut, serius dalam melaksanakan latihan baik tehnik maupun fisik.

Menurutnya tugas tim monev adalah sebetas memantau dan bila memang diperlukan memberikan motifasi atau semangat kepada atlet, agar dalam menjalani pelatihan bisa menerima dan menjalankan pelatihan yang diterima.

Sehingga pada saat pertandingan di PON mendatang, hasil dari pelatihan dapat dipergunakan untuk meraih prestasi.

“Jumat lalu kami mengunjungi beberapa Cabor yang ada di Metro dan Lampung Tengah. Seperti Judo, Sambo dan Hapkido. Semua atlet berlatih dengan serius dan disiplin. Senelumnya kami juga sudah memantau sebagia atlet yangdi Kota Bandarlampung,” katanya.

HMS Koni Lampung

Komentar