Tetap Raih Peringkat 1 PTKIN, UIN RIL Terima Penghargaan The 9th Most Sustainable University in Indonesia

Kabar Kampus457 Dilihat

Makassar, (Metropolis.co.id) – Keikutsertaan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dalam UI GreenMetric World University Rankings atau pemeringkatan internasional pengelolaan kampus berkelanjutan dimulai sejak tahun 2018.

Komitmen membangun kampus hijau ramah lingkungan dan berkelanjutan, menghantarkan UIN RIL secara berturut-turut sampai dengan tahun 2023 ini mendapatkan peringkat pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Perolehan tersebut didasarkan atas apresiasi UI GreenMetric World University Rankings 2023 kepada UIN RIL sebagai The 9th Most Sustainable University in Indonesia yang diumumkan secara hybrid dalam acara Pengumuman dan Pemberian Anugerah Peringkat UI GreenMetric Indonesia 2023.

Secara luring diselenggarakan di Unhas Hotel and Convention Makassar Sulawesi Selatan, sementara secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung pada kanal Youtube UI GreenMetric pada Kamis (30/11/2023).

Penghargaan kepada UIN RIL diterima langsung oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dari Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSc selaku Ketua UI GreenMetric.

Sebelumnya, pada 27 Oktober 2023 yang lalu, dari lembaga yang sama UI GreenMetric World University Rankings, UIN RIL menerima secara online sertifikat Four (4) Trees Rating, yaitu peringkat 4 (empat) pohon capaian Perguruan Tingi dalam menerapkan keberlanjutan. Capaian Trees Rating tertinggi adalah 5 (lima). Tercatat terdapat 6 (enam) Perguruan Tinggi di Indonesia yang mendaptkan 4,5 (empat koma lima) Trees Rating diatas UIN RIL.

Penyerahan sertifikat Trees Rating dilaksanakan setelah pemberian anugerah Most Sustainable University in Indonesia kepada Rektor dan pimpinan Perguruan Tinggi yang berjumlah 18.

Pemeringkatan UI GreenMetric berlandasan tiga pilar yaitu lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial dengan enam indikator yang terdiri dari keadaan dan infrastruktur kampus, energi dan perubahan iklim, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi, serta pendidikan dan riset.

Penghargaan tersebut bagi UIN RIL adalah capaian yang luar biasa. Menghadirkan berbagai inovasi untuk mencapai enam indikator dibutuhkan effort dan kerjasama yang baik seluruh sivitas kampus.

Melalui Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL), UIN RIL melakukan berbagai langkah-langkah nyata sehingga dapat meraih peringkat ke-9 nasional sebagai Perguruan Tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia.

Pada tahun ini terdapat 1183 kampus dari 85 negara di dunia, meliputi 145 kampus di Indonesia yang masuk dalam penilaian UIN Green Metric 2023.

Diantara inovasi yang dilakukan adalah penggunaan solar panel sebagai energi terbarukan, pembuatan tower air untuk pemanenan air hujan, filtrasi limbah air masjid sebelum dialirkan ke embung, daur ulang air, penghematan listrik dan upaya lainnya.

Dalam kesempatan ini Rektor Prof Wan menyampaikan bahwa kampus merupakan bagian kecil dari komunitas global yang harus berpartisipasi melakukan pembangunan berkelanjutan. “Kampus sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi dan inovasi mempunyai peran penting dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan” ujarnya.

Syukur dan terima kasih tak terhingga juga disampaikan oleh Prof Wan kepada seluruh sivitas akademika UIN RIL. “Atas kontribusi seluruh sivitas akademika, saya mengucapkan terima kasih, sehingga UIN RIL mampu mewujudkan green kampus. Semoga UIN RIL menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh penghuni alam”, lanjutnya sebelum mengakhiri wawancara.

Berikut peringkat 10 besar perguruan tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric 2023:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. IPB University
  5. Universitas Negeri Semarang
  6. Universitas Sebelas Maret
  7. Institut Teknologi Sepuluh November
  8. Universitas Airlangga
  9. UIN Raden Intan Lampung
  10. Universitas Padjajaran

Humas UIN-RIL

Komentar