Khofifah Dukung Prabowo, Gus Yahya: Dia Harus Nonaktif dari Ketua Muslimat

Nasional435 Dilihat

Surabaya, (Metropolis.co.id) – Khofifah Indar Parawansa resmi melabuhkan dukungannya kepada capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Atas dukungan tersebut, PBNU menegaskan bahwa Khofifah harus nonaktif dari jabatannya seabgai Ketua Muslimat NU.

“Soal Bu Khofifah kalau memang dia sudah secara resmi terdaftar sebagai juru kampanye atau terdaftar ke dalam tim TKN (Tim Kampanye Nasional), kalau sudah terdaftar resmi, maka dia harus nonaktif dari jabatannya sebagai Ketua Umum Muslimat NU,” tegas Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf di gedung PBNU, Jakarta melansir detikNews, Kamis (18/1/2024).

Ulama yang akrab disapa Gus Yahya itu menambahkan, PBNU telah memiliki aturan terkait pengurus yang terlibat atau ikut dalam tim kampanye pemilihan capres-cawapres. Gus Yahya memastikan, pengurus tersebut harus nonaktif sampai proses pemilu selesai.

“NU sudah menetapkan parameter, dalam hal ini yaitu bahwa pengurus-pengurus di lingkungan PBNU yang terlibat secara resmi di tim kampanye pemilihan Presiden harus non aktif dari jabatannya sampai akhir dari proses Pilpres itu sendiri,” tambahnya.

Setelah ini PBNU segera mengeluarkan surat keputusan (SK) penonaktifan pengurus yang terlibat dalam kegiatan pemilu. Tak hanya Khofifah, ada puluhan pengurus PBNU yang bakal dinonaktifkan.

“Sebentar lagi PBNU akan mengeluarkan SK dengan list yang rinci tentang para pengurus yang dinonaktifkan maupun yang harus mengundurkan diri dari jabatannya karena keterlibatan di dalam pemilu. Kami sudah membuat rincian beberapa puluh orang pengurus dari berbagai tingkatan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Khofifah Indar Parawansa resmi memutuskan mendukung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. Dia juga mengaku siap masuk ke Tim Kampanye Nasional atau menjadi jurkamnas.

“Insyaallah saya sudah siap, sesuai janji saya Januari awal sepulang saya umrah. Saya menyampaikan posisi dukungan saya dan saya mendukung paslon 02,” kata Khofifah di VVIP Juanda Surabaya di Sidoarjo, Rabu (10/1).

Khofifah menegaskan kesiapan dirinya masuk dalam struktur TKN Prabowo-Gibran. Ia juga siap menjadi jurkamnas untuk keliling memenangkan Prabowo-Gibran.

“Saya siap jadi jurkamnas dan siap masuk TKN,” jelasnya.

Khofifah menyebut akan mengikuti aturan yang ada berkaitan dengan kampanye karena masih menjabat sebagai kepala daerah.

“Apa yang jadi regulasi, akan saya ikuti sesuai aturan yang ada, seperti hari ini Mas Emil (Dardak) mendampingi Gibran, beliau cuti. Jadi saya siap ikuti regulasi yang ada karena saya masih menjabat sebagai kepala daerah,” ujar dia.

detik

Komentar