Jelang Pemilu, Kemenkes Beri Imbauan pada Petugas KPPS Agar Tetap Fit

Politik1080 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes) membagikan imbauan pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) buat melindungi kesehatan sepanjang Pemilu 2024. Semacam yang dikenal petugas KPPS mempunyai beban pekerjaan yang besar.

Kemenkes memberikan sebagian panduan melindungi kesehatan buat anggota KPPS yang bertugas lewat 4C, ialah lumayan tidur, lumayan berolahraga lumayan makan, serta lumayan makan.

“Minimal tidur 6-8 jam. Berolahraga dapat dicoba dengan senam bersama petugas pemilu,” ucap pihak Kemenkes lewat media sosial Instagram, Pekan (11/2/2024).

Pihak Kemenkes pula mengimbau petugas KPPS buat perbanyak mengkonsumsi santapan bergizi balance serta memiliki lumayan protein dan karbohidrat. Mengurangi komsumsi makanan kecil yakinkan mengkonsumsi air putih lumayan dan mengurangi mengkonsumsi minuman manis ataupun minuman bertenaga

Pemenuhan nutrisi sepanjang bertugas jadi berarti terlebih banyak petugas yang cenderung melupakan makan sepanjang sebab padat jadwal dikala bertugas.

Keadaan kesehatan petugas KPPS memanglah tengah jadi sorotan banyak pihak. Pada Pemilu 2019, sebanyak 894 anggota KPPS wafat dunia serta 5.175 orang yang lain hadapi sakit. Kemenkes berharap peristiwa seragam tidak terjalin pada pemilu tahun ini.

Direktur Kesehatan Umur Produktif serta Lanjut Umur Kemenkes dokter Nida Rohmawati, MPH lebih dahulu pernah mengatakan kalau ada sebagian aspek yang membuat angka kematian serta kesakitan petugas KPPS pada pemilu lebih dahulu begitu besar Salah satunya merupakan banyaknya petugas KPPS yang telah lanjut usia serta bekerja dalam keadaan tidak seluruhnya sehat.

“Faktor resiko yang dianalisis dari penyelenggaraan pemilu kemudian memanglah aspek umur Jadi umur yang telah lanjut usia setelah itu kerutinan merokok serta minum alkohol, itu jadi hasil analisis, jam kerja di atas 20 jam pada dikala itu,” ucap dokter Nida dalam program Kemencast oleh Kemenkes.

“Harus lumayan minum, banyak yang wafat begitu dianalisis mereka hadapi kehilangan cairan tubuh Minum itu minimun 8 gelas satu hari terlebih kerjanya tidak menyudahi Tercantum makan, jangan kurang ingat makan, ataupun malah tidak disediakan makan, ataupun cuman sekali disediakannya,” pungkasnya.

detik

Komentar