Cabor Sambo Lampung Target Sumbang 1 Emas

Institusi2180 Dilihat

Bandar Lampung – Cabang olahraga baru yang untuk pertama kalinya dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 ini ada 10 cabang, satu diantaranya adalah Sambo. Sebuah cabang olahraga asal Rusia yang diadopsi dari permainan para tentara Rusia ketika sedang beristirahat.

Sambo memiliki karakter yang hampir sama dengan Gulat, atau Judo, namun memiliki spesifikasi tersendiri. Di Cabor ini, Lampung meloloskan 7 atletnya putra dan putri.

Menurut manajer tim Sambo, Ririn Andika mengatakan bahwa pasukannya akan berjuang semaksimal mungkin dengan latihan rutin di gedung olahraga Sumpah Pemuda PKOR Way Halim.

“Ya kami menggunakan peralatan yang ada dan dimaksimalkan sebagaimana kami bisa. Tidak ada kata menyerah sebelum bertanding. Semangat kami full untuk memberikan yang terbaik untuk provinsi Lampung. Dan kami berikan motivasi tinggi untuk para petarung kami untuk menyiapkan diri maksimal,” kata Ayrin, disela-sela latihan Jumat lalu.

Ayrin, panggilan akrab Ririn Andhika ini, menegaskan terkait target dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung yang menargetkan satu medali emas di cabor ini, bukanlah beban.

Justru ini memotivasi, sehingga ada beberapa prioritas latihan yang disiapkan untuk pejuang-pejuangnya. “Kami siap, ditargetkan satu emas. Karena sementara ini memang sesuai dengan raihan kami di babak kualifikasi PON yang lalu. Insha Allah. Mohon doanya kami bisa mencapai target itu. Dan jika bisa dicapai lebih dari itu, adalah sebagai bonus atas latihan yang keras sepanjang persiapan kami,” tambahnya.

Target itu memang masih fifty-fifty antara nomor Combat atau Sport. Karena di dua nomor itu ada beberapa petarung andalan Lampung.

Sementara salah seorang pelatih Sambo, Buyung, mengungkapkan optimistisnya terkait target itu. “Ya bagaimanapun kami memiliki kewajiban untuk membantu kontingen Lampung dalam meraih medali. Kami bertekad untuk mewujudkannya demi Lampung. Anak-anak secara kualitas sudah mumpuni dan tinggal bagaimana nanti di lapangan bisa memberikan penampilan terbaiknya,” kata Buyung.

Menurut Buyung, saat ini masih dalam tahapan persiapan umum, sehingga belum masuk kepada hal-hal yang difokuskan. Sambil terus memperbaiki teknik dari beberapa yang harus dikuasai, serta merencanakan adanya try-out yang tepat nantinya.

“Ya memang terus mengikuti tahapan yang sudah kami susun. Sampai pada waktunya untuk try-out. Dan ini tahapan penting, karena akan menambah mental bertanding mereka, sesudah selama ini hanya menjalankan latihan rutin saja. Semoga semua berjalan lancar,” ungkapnya.

Beberapa pelatih yang juga menangani tim Sambo ini ada Wido Winarno, Buyung dan Asril Isnur.

Ini tujuh atlet Sambo yang akan turun di PON XXI Aceh-Sumut 2024:

1. Sri Oktasari (Combat -50Kg Putri)

2. Fadilah Arif ( Sport +98Kg Putra).

3. Muhammad Iqbal Al Ghifari ( Sport -79Kg Putra).

4. Maulana Abi Tama ( Sport -53Kg Putra).

5. Ivan Bonaventura (Combat -64Kg Putra)

6. Rasuna Nabila Fatin (Sport -50Kg Putri)

7. Wahyu Andika Simorangkir (Combat -58 Kg Putra).

Red

Komentar